Main Article Content

Abstract

Abstrak


Sesuatu hal positif tentunya akan berbuah positif pula, hal postif akan terwujud jika kita semua disiplin. Tidak salah jika ada yang mengatakan jika lau kedisiplinan adalah kunci kesuksesan. Jika yang kitahadapi adalah peserta didik maka untuk mencapai kesuksesan dalam mencerdaskan peserta didik kita maka kita perlu menanamkan disiplin tinggi dan etos kerja yang baik kepada para dewan guru agar bias membawa hasil yang positif pada dunia pendidikan yang seperti sekarang ini. Penelitian berdasarkan permasalahan, (a) Apakah program pembinaan kedisiplinan dan etos kerja guru berpengaruh terhadap hasil belajar siswa SMKN 4 Pinrang Kecamatan Patampanua Kabupaten Pinrang ( b) Bagaimanakah pengaruh Pembinaan kedisiplinan guru  terhadap motivasi dan etos kerja guru? Tujuan penelitian tindakan ini adalah: (a) Untuk mengungkap pengaruh Pembinaan Kedisiplinan guru terhadap hasil belajar siswa. (b) Untuk mengungkap Pembinaan kedisiplinan Guru terhadap motivasi Belajar pada siswa SMKN 4 Pinrang Kec. Patampanua Kab. Pinrang. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu:  rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, danrefisi. Sasaran penelitian ini adalah Guru SMKN 4 Pinrang Kecamatan Patampanua Kabupaten Pinrang. Data yang diperoleh berupa hasil tesformatif, lembar observasi kegiatan belajarmengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi guru dalam kedisiplinan mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (66,67%), siklus II (77,78%), siklus III (88,89%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode Pembinaan Kedisiplinan dapat berpengaruh positif terhadap motivasi dan etos kerja Guru SMKN 4 Kecamatan Patampanua Kabupaten Pinrang, serta metode ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan etos kerja guru.

Keywords

Pembinaan kedisiplinan etos kerja mandiri Guru

Article Details