Perlindungan Konsumen Terhadap Penetapan Fee Jasa Layanan Agen Brilink di Kecamatan Tubo Sendana

  • Ika Novitasari Universitas Sulawesi Barat
  • Indriani Indriani
  • S. Muchtadin Al Attas Universitas Sulawesi Barat
  • Fadli Yasser Arafat Juanda Universitas Sulawesi Barat
Keywords: Perlindungan Konsumen, Jasa Layanan, Agen Brilink

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk Penetapan tarif jasa agen BRILink Kecamatan Tubo Sendana. Penelitian yang digunakan dalam penulisan ini adalah normatif empiris dimana metode ini mengkaji bahan keputustakaan maupun perundang-undangan, efektivitas yang terjadi dalam kehidupan masyarakat serta data penelitian ini dikumpulkan melalui wawancara dengan penanggungjawab agen BRILink cabang BRI Kabupaten Majene. Data dianalisis dengan analisis kualitatif dan kuantitatif memelalui uji distribusi frekuensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak  terdapat ketentuan nominal biaya administrasi penetapan tarif jasa agen BRILink dari BRI yang dikenakan kepada nasabah, hanya saja BRI memberikan biaya tarif standar dengan agen BRILink sedangkan untuk tambahan biaya administrasi secara penuh diserahkan pada masing-masing agen BRILink, sehingga agen BRILink dapat mencapai target minimal 200 transaksi/bulan sesuai ketentuan.

References

Davi Y. Wonok. (2013). Perlindungan Hukum atas Hak-hak Nasabah Sebagai Konsumen
Pengguna Jasa Bank terhadap Risiko yang Timbul dalam Penyimpangan Dana. Jurnal Hukum Unsrat Vol. 1 No.2.
Kumalasari, Prananingtyas, Ahmanda,B. (2018). Perlindungan Hukum Nasabah Pengguna Layanan Agen Brilink Pada Kegiatan Perbankan Dikantor Cabang Bri Parakan. Law Reform Vol. 14 No.1.
Mira.(2021). Tinjauan Fiqhi Muamalah tentang Penetapan Tarif Transfer Tunai melalui
Bank (Studi BRILink Desa Tanjung Haloban), Kecamatan Bilah Hilir, Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara. Sumatera Utara: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Putra, A. (2021). Tarif Jasa Agen BRILink di Kecamatan Air Dikit Kabupaten Mukomoko
Perspektif Ekonomi Islam, Bengkulu. Institusi Agama Islam Negeri (IAIN).
Safitri, Ae & Winanto (2023). Perlindungan Hukum Terhadap Nasabah dan Agen BRILink Kantor Cabang pembantu (KCP) Unit Pedurangan.
Suryanti, Ey & Berutu, Ag. (2022). Analisis Hukum Islam terhadap Penetapan Fee Transaksi BRILINK. Tawazun: Journal of Sharia Economic Law 2022 Vol. 5 No.1.
Shinta, It,(2019). Perlindungan Konsumen Mobile Banking di Bri Unit Sempusari Jember. Jember: IAIN Jember.
Published
2024-07-08
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)