Pelatihan Living Value Education Program Untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka
Abstract
Pelatihan Living Value Education Program (LVED) dilakukan untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru dalam Proyek penguatan Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka. Umumnya guru-guru masih menggunakan perangkat pembelajaran yang telah disiapkan pihak kurikulum tanpa adanya modifikasi yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik. Adapun sasaran kegiatan ini adalah guru-guru dan kepala sekolah SDN 015 Sumberjo. Kegiatan PKMS ini bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada guru-guru dalam mendesain pembelajaran berbasis LVED hingga menghasilkan produk perangkat pembelajaran. Pelaksanaan kegiatan PKMS ini dilakukan dalam tiga metode yaitu: (1) Metode paparan, diskusi, serta tanya jawab: Pemaparan tentang pengenalan lebih komprehensif tentang konsep pembelajaran berbasis LVED; define, design, development, dan evaluation, (2) Metode asistensi: Guru mulai menganalisis kebutuhan untuk mendesain pembelajaran berbasis LVED (3) Metode pendampingan: Tim pengabdi memberikan pendampingan kepada guru-guru untuk mendesain LVED.
References
Aprida, M., & Ali, M. (2020). Analisis Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Terhadap Pembelajran Daring Pada Peserta Didik Kelas VII SMPN 5 Kotabaru. Cendekia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 8(2), 237-250.
Arifin, A.R., Ismial., Daud, F., & Azis, A.. (2021). Pelatihan Aplikasi Canva sebagai Strategi untuk Meningkatkan Technological Knowledge Guru Sekolah Menengah di Kabupaten Gowa. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Negeri Makassar, 4(4), 775- 783.
Fitriyawati, L., Tianingsih, R., Cahyaning, A., Nagari, D. C., Agung, M. S., Pratama, S., ... & Apriani, A. N. (2023). Pendampingan Belajar Anak Berbasis Living Values Education Program Melalui Smart Kids Bimbel di Kentolan Lor Guwosari Pajangan. ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat), 4(1), 22-30.
Hanum, F. F. (2019, October). Pendidikan Pancasila bagi generasi milenial. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL “REAKTUALISASI KONSEP KEWARGANEGARAAN INDONESIA” (Vol. 1, pp. 72-81). FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI MEDAN.
Kurniawan, S., & Fitriyani, F. N. (2023). Thomas Lickona's Idea on Character Education Which Builds Multicultural Awareness: Its Relevance for School/Madrasah in Indonesia. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 14(1), 33-53.
Kurniawan, S., Subakat, R., Faozan, A., Miftah, M., Al Muiz, M. N., Saputra, M. F., ... & Afandi, A. (2019). Best Practice Character Building: Model, Inspirasi dan Catatan Reflektif. Samudra Biru.
Lickona, T. (2015). Character Matter. Jakarta: Bumi Aksara.
Mas’ud, M. (2012). Membuat Multimedia Pembelajaran dengan Lectora, Yogyakarta: Shonif,
Monoimbar, J. (2019). “Pembaruan sistem pendidikandalam mengikuti zaman”. http://www.kompasiana.com/jackymononimbar9251/5Cd170a46c329d5b02 376712/pembaruan-sistem-pendidikan-dalam-mengikuti-zaman.
Mubarak, A. Z. (2019). Problematika Pendidikan Kita: Masalah-masalah Pendidikan Guru, Desain Sekolah, dan Dampaknya. Depok: Ganding Pustaka
Mulyasa, H. (2012). Manajemen PAUD. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Mustakim, M. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Masa Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika. Al asma: Journal of Islamic Education, 2(1), 1-12.
Muzfirah, S. (2021). Upaya Pengintegrasian Living Values Education (LVE) dalam Proses Pembelajaran IPA Siswa Kelas IV di MI Tunas Cendekia Cirebon. eL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 3(1), 32-44.
Qadafi, M. (2020). Pendekatan Living Values Education dalam Menanamkan Nilai Karakter Anak di RA Tiara Chandra Yogyakarta. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(1), 125.
Rubiantica, R., Sutomo, M., & Suhardi, A.A.. (2021). Media Pembelajaran Interaktif Lectora Inspire Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama. 7(3), 98-104
Salikha, N.D., Primadewi, A.,& Iman, M.S. (2017). Media Pembelajaran Interaktif Lectora Inspire Sebagai Inovasi Pembelajaran. Warta LPM. 20(1), 9-16.
Shofan, M. (2020). Paradigma Pendidikan Karakter Dengan Pendekatan Living Values Education. TAZKIYAH, 2(1), 141-163.
Sukitman, T. & Ridwan, M. (2016). Implementasi Pendidikan Nilai (Living Values Education) dalam Pembelajaran IPS (Studi terhadap Pembentukan Karakter anak di Tingkat Sekolah Dasar). Profesi Pendidikan Dasar. 3(1), 30-41.
Wartomo. (2016). Peran Guru dalam Pembelajaran Era Digital. Temu Ilmiah Nasional Guru VIII.,3(1), 73-77.


