LAYANAN PUBLIK DAN GOOD GOVERNANCE : RESEARCH GAP ANALYSIS-BIBLIOMETRIC VOSVIEWER

  • Stevy Hanny Supena Institut Pemerintahan Dalam Negeri
Keywords: Akuntabilitas, kutipan Bersama, Innovasi, Pelayanan Publik, refleksi.

Abstract

Layanan publik merupakan tugas utama dari pemerintah, dimana dalam menjalankan pekerjaanya aparat pemerintahan juga di wajibkan untuk melaksanakan Tata Pemerintahan yang baik, dimana akuntabilitas, transparansi, efisiensi pelayanan, dan perangkat hukum yang mumpuni dan keterbukaan di utamakan dalam melaksanakan pekerjaannya. Penelitian ini mencari research gap antara pelayanan public dan Good Governance dengan menggunakan analisis Bibliometik, dengan metode co citation, dengan dalam analisis bibliometik untuk mengetahui sejauh mana gap atau jarak antara Pelayanan masyarakat dengan Good Governance, sehingga hasil dari penelitian ini adalah organisasi yang ada harus kembali melakukan refleksi dalam melakukan pekerjaanya, pelayanan publik harus melakukan innovasi, sementara Good Governance ada beberapa topik seperti efek, penghindaran pajak, profil resiko, nilai perusahaan, modal dan pendapatan.

References

Referensi
Babb, B. A., & Pruett, M. K. (2022). January 2022. Family Court Review, 60(1), 5–6. https://doi.org/10.1111/fcre.12621
Boyack, K. W., & Klavans, R. (2010). Co-citation analysis, bibliographic coupling, and direct citation: Which citation approach represents the research front most accurately? Journal of the American Society for Information Science and Technology, 61(12), 2389–2404. https://doi.org/10.1002/asi.21419
Briones-Bitar, J., Carrión-Mero, P., Montalván-Burbano, N., & Morante-Carballo, F. (2020). Rockfall research: A bibliometric analysis and future trends. Geosciences (Switzerland), 10(10), 1–25. https://doi.org/10.3390/geosciences10100403
Indonesia, G. of. (2014). Undang-Undang Nomor 30 tahun 2014 tentang Administrasi Pemerintahan. 1. http://www.jdih.kemenkeu.go.id/fullText/2014/30TAHUN2014UUPenjel.pdf
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi. (2014, - -). Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 15 tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan. Undang - Undang Pelayanan. -, -, Indonesia: Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi.
Nations, U. (2000). No. 30676. United Nations (Economic and Social Commission for Asia and the Pacific) and India. 69–70. https://doi.org/10.18356/d4072237-en-fr
Ndraha, T. (2015). Kybernology. In T. Ndraha, Kybernology (p. 47). Jakarta: PT. RINEKA CIPTA.
Negara, K. M. (2003, - -). Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor : 63/KEP/M.PAN/7/2003 tentang pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik. Keputusan Menterei Pendayagunaan Aparataur Negara tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik. -, -, Indonesia: Kementrian PANRB.
Pengadilan Negeri Karang Anyar. (2015, November 29). https://pn-karanganyar.go.id/main/index.php/berita/artikel/973-pelayanan-publik. Retrieved from pn.karanganyar.go.id: www.pn.karanganyar.com
Prof. Dr. Aminuddin Ilmar, S. M. (2014). Hukum Tata Pemerintahan. In S. M. Prof. Dr. Aminuddin Ilmar, Hukum Tata Pemerintahan (p. 1). Jakarta : Prenadamedia Group.
Purwoko. (2021, - -). http://www.purwo.co/2019/05/mengenal-fitur-vosviewer-dan-arti.html. Retrieved from purwo.co: purwo.co
Putra, M. B. (2020, 11 29). https://ombudsman.go.id/artikel/r/artikel--mengenal-pelayanan-publik. Retrieved from https://ombudsman.go.id/: www.ombudsman.go.id
Qothrunnada, K. (2021, Oktober 14). https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5766029/good-governance--pengertian-dan-prinsip-prinsipnya. Retrieved from www.detik.com: www.detik.com
Riska Chyntia Dewi, & Suparno Suparno. (2022). Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Jurnal Media Administrasi, 7(1), 78–90. https://doi.org/10.56444/jma.v7i1.67
Sales, K. T. (2019, - =). https://www.techtarget.com/searchcio/definition/gap-analysis#:~:text=A%20gap%20analysis%20is%20a,assessment%20or%20need-gap%20analysis. Retrieved from https://www.techtarget.com: https://www.techtarget.com
Spicker, P. (2009). The Nature of a Public Service. International Journal of Public Administration, 32(11), 970–991. https://doi.org/10.1080/01900690903050927
Surwase, G., Atomic, B., Sagar, A., Atomic, B., Kademani, B. S., Atomic, B., & Bhanumurthy, K. (2011). Co-citation Analysis : An Overview ISBN : 935050007-8. BOSLA National Conference Proceedings, CDAC, September, 9.
THABRONI, G. (2021, Mei 20). https://serupa.id/tata-kelola-pemerintahan-yang-baik-pengertian-ciri-unsur/. Retrieved from serupa.id: www.serupa.id
Tsu-Jui Ma, G.-G. L.-H. (2022). Bibliographic coupling : a main path analysis from 1963 to 2020 information Research. Bibliographic coupling: a main path analysis from 1963 to 2020, -.
Published
2022-06-30
How to Cite
Supena, S. H. (2022). LAYANAN PUBLIK DAN GOOD GOVERNANCE : RESEARCH GAP ANALYSIS-BIBLIOMETRIC VOSVIEWER. Jurnal Arajang, 5(1), 1-18. https://doi.org/10.31605/arajang.v5i1.2102