STRATEGI INCUMBENT DALAM PEMENANGAN PEMILIHAN LEGILSLATIF

  • Nurfadilah Nasiruddin Politik Fisip Universitas Sulawesi Barat
  • Dwi Rianisa Mausili Universitas Sulawesi Barat
  • Dewi Nuraliah Universitas Sulawesi Barat
Keywords: Strategi, Incumbent, Pemilihan Legislatif

Abstract

Tujuan Penelitian ini menganalisis strategi incumbent dalam Pemenangan Pemilihan Legislatif. Metode Penelitian menggunakan metode kualitatif, data dikumpulkan dari hasil observasi secara langsung, wawancara secara langsung dan mendalam. Tipe penelitian ini yakni deskriptif analisis. Teknik analisis data kualitatif dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus sampai tuntas. Aktivitas dalam analisis data yaitu pengumpulan data (data collection), reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan pengecekan keabsahan data serta penarikan kesimpulan (data conclusion drawing/verification).

              Hasil dari penelitian ini yakni komunikasi yang intesn dengan masyarakat, bukan saja pada saat akan pemilihan tetapi jauh sebelum pemilihan akan dimulai, selain komunikasi incumbent juga memiliki pendekatan kekeluargaan yang kesemuanya dapat dibagai dengan tiga pendekatan. Pertama, menggalang loyalitas pemilih sehingga calon legislatif memiliki pemilih yang tetap pada setiap pemilihan. Kedua, menjalin komunikas yang harmonis dengan organisasi masyarakat (kelompok populis tertentu )untuk memberikan dukungan dan bantuan. Ketiga, bagi incumbent yang masih duduk di parlemen, memperkuat kebijakan yang berorientasi pada masyarakat.

              Penelitian ini, memiliki keterbatasan yakni hanya membatasi strategi yang dilakukan incumbent pada satu partai sehingga kedepannya peneliti menyerankan untuk meneliti berbagai strategi dari partai lain sehingga memberikan pemahaman dan pengetahuan yang lebih luas lagi.

References

Budiardjo, Miriam, 2008. Dasar-Dasar Ilmu politik-Edisi Revisi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Efriza, Political Explore: Sebuah Kajian ilmu Politik, Bandung :Alfabeta 2012
Haryatmoko, 2014. Etika Politk dan Kekuasaan.Jakarta :Peneribi tBuku Kompas
Haryanto Venan. Ranah Politik Menurut Pierre Bourdieu. Maumere: Penerbit Ledalero.
Junaedi, Fajar, 2013. Komunikasi Politik-Teori, Aplikasi dan Strategi di Indonesia. Yogyakarta: BukuLitera
John T Ishiyama, Marijke Breuning, 2013. Ilmu Politik dalam Paradigma Abad Kedua Puluh Satu-Sebuah Referensi Panduan Tematik.Jakarata-Kencana
Kausar Bailusy Muhammad, 2012. Politik Lokal dalam Sistem Otonomi Daerah. Ciledug :Mazhab Ciputat.
Leo Agustino. Pilkada Dan Dinamika Politk Lokal. (Yogyakarta : Penerbit Pustaka Pelajar,2008)
Politika, E. J. (2016). Strategi Incumbent Parpol Mempertahankan suara Pasca Pindah Partai Pada Pemilu Legislatif Kota Denpasar Tahun 2014.
Putriwani, B. (2021). Strategi politik incumbent dan faktor penyebab kekalahan pada pemilihan legislatif 2019 Kabupaten Bangka. Jurnal Sosial Teknologi, 1(2), 117-122
Ramlan Subakti, Memahami Ilmu Politik. Pt.Grasindo. Jakarta. 2010. Hal 187
Satori, Djama’an, 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Setyo, B. (2016). Model Kampanye Politik Berbasis Silaturahim Bagi Calon Anggota Dewan Incumbent dalam Pemilu Legislatif 2014. ETTISAL: Journal of Communication, 1(2), 188-207.
Sigit Pamungkas, 2011. Partai Politik – Teori dan Praktik Politik. Yogyakarta: Institue For Democracy and Welfarism.
Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Administrasi. Bandung:CV. Alfabeta.
Thoha Miftah, Prof Dr,2014. Birokrasi dan Politik di Indonsia.Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Published
2022-12-31
How to Cite
Nasiruddin, N., Mausili, D. R., & Nuraliah, D. (2022). STRATEGI INCUMBENT DALAM PEMENANGAN PEMILIHAN LEGILSLATIF. Jurnal Arajang, 5(2), 193-202. https://doi.org/10.31605/arajang.v5i2.2133