MANAJEMEN KONFLIK INTERPERSONAL DI KANTOR POLRESTABES MAKASSAR

  • ST NURHIKMA MAULIDA POLITEKNIK STIA LAN MAKASSAR
  • DIAN ANUGRAH POLITEKNIK STIA LAN MAKASSAR
Keywords: manajemen konflik;, Konflik Interpesonal:, Gaya Manajemen Konflik

Abstract

Konflik interpersonal memang sudah tidak bisa dihindari dalam suatu organisasi bahkan dalam organisasi kepolisian. Adanya interaksi yang kurang harmonis antara sesama personil dan kurangnya pengetahuan personil Polrestabes Makassar dalam mengelola konflik yang terjadi sehingga lebih memilih mengabaikan konflik tersebut. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran manajemen konflik interpersonal di kantor Polrestabes Makassar. Penelitian ini dalam proses penyusunannya menggunakan  metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konflik interpersonal di kantor Polrestabes Makassar disebabkan oleh komunikasi yang kurang efektif, tingkat spesialisasi tugas yang belum jelas, peraturan yang belum jelas, dan variabel pribadi personil. Adapun penyelesaian konflik atau manajemen konflik yang digunakan ialah gaya menghindar dan gaya akomodasi. Gaya menghindar digunakan oleh personil yang memilih menghindari penyelesaian konflik dan sengaja tidak diselesaikan dengan harapan semua akan selesai dengan sendirinya seiring waktu berjalan, sedangkan gaya akomodasi digunakan oleh pemimpin untuk menyelesaikan konflik interpersonal yang terjadi di unit kerjanya

References

Bungin, Burhan. (2005). Metodologi Penelitian Sosial: Format 2 Kuantitatif dan Kualitatif. Surabaya: Airlangga University Press

Hasibuan, Malayu S.P. (2007). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara

Hellriegel, Don & John W.Slocum Jr. (2004). Organizational Behavior. Tenth Edition. Canada: Thomson South-Western

Heridiansyah, Jefri. (2014). Manajemen Konflik alam Sebuah Organisasi. Jurnal STIE Semarang, 6 (1). 28-41

Kreitner, Robert dan Angelo Kinicki. (2005). Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.

Kreitner, Robert dan Angelo Kinicki . (2011). Organizational Behavior. Ninth Edition. New York :Mc Grawhill Companies

Luthans, Fred. (2005). Perilaku Organisasi Edisi Sepuluh. Yogyakarta : Penerbit Andi

Miles, Matthew B. & A. Michael Huberman. (2009). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI-Press.

Reece, Barry L. (2008). Human Relations. Eleventh Edition. Canada:Cengage

Robbins, Stephen P. (2009). Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat

Robbins, Stephen P. (2006). Perilaku Organisasi Edisi Sepuluh. Jakarta : Indeks.

Schermerhorn, Jr. (2011). Organizational Behaviour. Hoboken : John Wiley and Sons.

Sugiyono, (2007). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Puspita, Weni. (2018). Manajemen Konflik Suatu Pendekatan Psikologi, Komunikasi dan Pendidikan. Yogyakarta:Penerbit Deepublish

Winardi, J. (2004). Manajemen Perilaku Organisasi. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Published
2022-12-31
How to Cite
ST NURHIKMA MAULIDA, & DIAN ANUGRAH. (2022). MANAJEMEN KONFLIK INTERPERSONAL DI KANTOR POLRESTABES MAKASSAR . Jurnal Arajang, 5(2), 136-146. https://doi.org/10.31605/arajang.v5i2.2144