Pola Ratifikasi Perjanjian Internasional di Sektor Pertahanan Era Presiden Joko Widodo

  • Ahmad Jumadil Maku Universitas Bakrie

Abstract

ABSTRAK

Perilaku serta berbagai tindakan politik yang dilakukan oleh aktor negara dipengaruhi oleh kepentingan nasionalnya, serta dinamika lingkungan strategis yang juga bersinggungan dengan spektrum pertahanan dan kedaulatan. Melalui paradigma liberalisme, dijelaskan bahwa aspek-aspek tersebut dapat berlangsung dengan selaras, yang kemudian akan mendorong negara-negara untuk saling bermitra untuk mencapai tujuan yang lebih besar. Penelitian ini akan membahas tentang pola ratifikasi perjanjian internasional pada sektor pertahanan pada masa pemerintahan Presiden Joko Widodo, sebagai wujud dari langkah untuk mengembangkan pertahanan dan keamanan Negara yang dihadapkan oleh berbagai tantangan dan peluang. Lebih lanjut, penelitian ini akan membahas tentang mekanisme serta alur ratifikasi perjanjian internasional, dan juga materi yang dimuat dalam instrumen ratifikasi tersebut. Kemudian hipotesa penelitian ini menyajikan penjelasan mengenai faktor apa saja yang mendorong para aktor untuk terlibat dalam proses ratifikasi, yang mencakup isu-isu keamanan kolektif dan juga kepentingan untuk mengembangkan kapabilitas dan industri pertahanannya.


ABSTRACT

State actors' behavior and diverse political acts are impacted by their national interests, as well as the dynamics of the strategic environment, which intersect with the defense and sovereignty spectrum. It is explained through the liberalism paradigm that these features may coexist, which will inspire countries to collaborate to achieve larger aims. This study will look at the pattern of ratification of international agreements in the defense sector under President Joko Widodo's rule, as a way of developing the state's defense and security in the face of diverse challenges and possibilities. Furthermore, this study will examine on the procedure and flow of ratification of international agreements, as well as the content of the ratification instruments. The research hypothesis then provides an explanation of what variables motivate actors to participate in the ratification process, which includes issues of collective security in addition to an interest in strengthening capabilities and the defense sector.

References

Almuttaqi, A. I. (2019). INDONESIA’S FOREIGN POLICY: LESSONS FROM FIVE YEARS UNDER THE JOKOWI GOVERNMENT. The Habibie Center Review, 6.
Anugerah, B. (2017). Strategi Diplomasi Republik Indonesia Guna Mencapai Kepentingan Nasional Dalam Rangka Ketahanan Nasional: Pendekatan Historis dan Futuristis. Jurnal Kajian Lemhannas RI, 31(September). https://doi.org/10.6084/m9.figshare.11865870.v1
Anwar, S. (2014). Peran Diplomasi Pertahanan dalam Mengatasi Tantangan di Bidang Pertahanan. Jurnal Pertahanan Agustus, 4(2), 71.
Arianto, A. R. (2017). Kerjasama"Segitiga Maritim Dunia" Indonesia-Tingkok-Rusia: Membangun Keamanan Maritimasia Tenggara. Jurnal PIR, 1(2), 188.
Arif, M. (2019). PELUANG DAN TANTANGAN PEMBANGUNAN BIDANG PERTAHANAN PEMERINTAHAN JOKOWI JILID II. The Habibie Centre Review, 6.
Aust, A. (2007). Modern Treaty Law and P (2nd ed.). Cambridge University Press.
Blanton, S. L., & Kegley, C. W. (2017). World Politics Trend and Transformation. Cengage Learning. www.cengage.com/highered
Bradley, C. A. (2019). What is Foreign Relations Law? In C. A. Bradley (Ed.), The Oxford Handbook of COMPARATIVE FOREIGN RELATIONS LAW. Oxford University Press.
Canovan, M. (2004). Populism for political theorists? Journal of Political Ideologies, 9(3), 241–252. https://doi.org/10.1080/1356931042000263500
Dumoli, D. A. (2017). Hukum Perjanjian Internasional (Kajian Teori dan Praktik Indonesia). PT.Refika Aditama.
Farida, N. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Cakra Books.
Finnemore, Martha. (1996). National Interests in International Society. Cornell University Press.
Guzman, A. T. (2005). The Design of International Agreements. The European Journal of International Law, 16(4), 579–612. https://doi.org/10.1093/ejil/chi134
Hocking, B. (2016). Diplomacy and Foreign Policy . In C. M. Constantinou, P. Kerr, & P. Sharp (Eds.), The Sage Handbook of Diplomacy. SAGE Publications Ltd.
Indrawati, N. (2020). Praktik Ratifikasi Perjanjian Internasional Pasca Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 13/PUU XVI/2018. Law, Development & Justice Review, 1(Mei).
Juwana, H. (2019). Kewajiban Negara dalam Proses Ratifikasi Perjanjian Internasional: Memastikan Keselarasan dengan Konstitusi dan Mentransformasikan ke Hukum Nasional. Undang: Jurnal Hukum, 2(1), 1–32. https://doi.org/10.22437/ujh.2.1.1-32
Kementerian Pertahanan. (2018). NASKAH AKADEMIK RANCANGAN UNDANG-UNDANG TENTANG PENGESAHAN PERSETUJUAN ANTARA PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA DAN PEMERINTAH KERAJAAN SWEDIA TENTANG KERJA SAMA DALAM BIDANG PERTAHANAN.
Kementerian Pertahanan. (2021). WIRA: KEBIJAKAN UMUM PERTAHANAN NEGARA TAHUN 2020-2024. www.kemhan.go.id.
KEMHAN. (2015). BUKU PUTIH PERTAHANAN INDONESIA.
Kolb, R. (2016). The Law of Treaties: An introduction. In The Law of Treaties: An Introduction. Edward Elgar Publishing Ltd. https://doi.org/10.4337/9781785360152
Lubis, E. I., Poerwonggo, M., & Setiyoso, W. (2011). Pedoman Praktis Pembuatan, Pengesahan dan Penyimpanan Perjanjian Internasional Termasuk Penyiapan Full Powers dan Credentials. DIREKTORAT PERJANJIAN EKONOMI DAN SOSIAL BUDAYA, DIREKKTORAT JENDERAL HUKUM DAN PERJANJIAN INTERNASIONAL KEMENTERIAN LUAR NEGERI.
Madu, L. (2014). REORIENTASI POLITIK LUAR NEGERI INDONESIA PADA PEMERINTAHAN JOKO WIDODO, 2014 – 2019. Transnasional, 9(2).
Putusan MK Nomor 13/PUU-XVI/2018, 2018.
Putusan Nomor 13/PUU-XVI/2018.
Munatama, A., & Zhaidah, K. (2023). ANALISIS KERJASAMA BILATERAL SOSIAL POLITIK CHINA DAN INDONESIA DALAM MASA KEPEMIMPINAN JOKO WIDODO 2014-2020. Jurnal Artefak, 10(1). https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/artefak/article/view/9283
Nengah Putra, I., Hakim, A., Tinggi, S., Angkatan, T., & Surabaya, L. (2016). ANALISA PELUANG DAN ANCAMAN KEAMANAN MARITIM INDONESIA SEBAGAI DAMPAK PERKEMBANGAN LINGKUNGAN STRATEGIS. ASRO JURNAL-STTAL, 6(December). www.kemenlu.go.id,
Nuechterlein, D. E. (1976). National Interests and Foreign Policy: A Conceptual Framework for Analysis and Decision-Making. Journal of International Studies, 2(3), 246–266.
Nurhidayatuloh. (2012). Dilema Pengujian Undang-Undang Ratifikasi oleh Mahkamah Konstitusi Dalam Konteks Ketetanegaraan RI. Jurnal Konstitusi, 9(1).
Patriadi, H. B., Hara, A. E., & Iqbal, M. (2021). Redefinition of National Interest in Indonesian Foreign Policy under President Joko Widodo. 258–275. https://doi.org/10.5220/0010275802580275
UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 24 TAHUN 2000 TENTANG PERJANJIAN INTERNASIONAL, (2000).
Putri, V. I. (2021). Analisis Kepentingan Jerman dalam Pengiriman Main Battle Tank Leopard ke Indonesia (2012-2017). Nation State: Journal of International Studies, 4(1).
Schweller, R. L. (2004). Unanswered Threats: A Neoclassical Realist Theory of Underbalancing. International Security, 29(No.2).
Seng Tan, S., & Nasu, H. (2016). ASEAN AND THE DEVELOPMENT OF COUNTER-TERRORISM LAW AND POLICY IN SOUTHEAST ASIA. Thematic: Counter-Terrorism Law and Policy in Southeast Asia, 39(3). http://www.wsj.com/articles/fears-grow-over-islamic-
Situmorang, M. (2015). Orientasi Kebijakan Politik Luar Negeri Indonesia di bawah Pemerintahan Jokowi-JK. Journal Unpar.
Subagyo, A., & Ginanjar, Y. (2020). Sinergi Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Pertahanan dalam Politik Luar Negeri Indonesia. Indonesian Perspective, 5(1), 72–91.
Sulistyani, Y. A., Pertiwi, A. C., & Sari, M. I. (2021). Indonesia’s Responses amidst the Dynamic of the South China Sea Dispute under Jokowi’s Administration [Respons Indonesia di tengah Dinamika Sengketa Laut China Selatan di bawah Pemerintahan Jokowi. Jurnal Politica Dinamika Masalah Politik Dalam Negeri Dan Hubungan Internasional, 12(1), 85–103. https://doi.org/10.22212/jp.v12i1.2149
Suoth, S. R., Mamentu, M., & Tulung, T. (2018). KERJASAMA INDONESIA-RUSIA DALAM BIDANG MILITER DALAM. Jurnal Jurusan Ilmu Pemerintahan, 1(1).
Susdarwono, E. T., & Rizal, M. S. (2022). Kerjasama Pertahanan sebagai Bagian Diplomasi Pertahanan: Pertimbangan, Tujuan, Prinsip, dan Ruang Lingkup. Jatijajar Law Review, 1(2).
Tang, S. (2004). A systematic theory of the security environment. Journal of Strategic Studies, 27(1), 1–34. https://doi.org/10.1080/0140239042000232756
Umar, H. (2020). Politik Kebijakan Poros Maritim. Lembaga Penerbitan Universitas Nasional (LPU-UNAS).
UNDANG-UNDANG DASAR NEGARA REPUBLIK INDONESIA 1945.
Undang-Undang No.3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara.
Wahyudi, B. (2018). KEPEMIMPINAN NASIONAL DALAM PERKEMBANGAN LINGKUNGAN STRATEGIS. Pakuan Law Review, 4.
Widjajanto, A. (2019, October 3). Komando Gabungan Wilayah Pertahanan. Kompas. https://www.kompas.id/baca/opini/2019/10/03/komando-gabungan-wilayah-pertahanan
Wulandari, A. F. (2015). KERJASAMA INDONESIA – CHINA: TRANSFER TEKHNOLOGI DIBIDANG INDUSTRI PERTAHANAN. Transformasi, II(28), 89–219. http://www.Uncitral.org/pdf/english/text/sa
Yuzardhi, A. (2021). FAKTOR-FAKTOR YANG MELATARBELAKANGI KERJA SAMA KONTRA-TERORISME INDONESIA-RUSIA TAHUN 2016. MJIR) MOESTOPO JOURNAL INTERNATIONAL RELATIONS, 1(1), 15–30.
Published
2023-06-27
How to Cite
Ahmad Jumadil Maku. (2023). Pola Ratifikasi Perjanjian Internasional di Sektor Pertahanan Era Presiden Joko Widodo. Jurnal Arajang, 6(1), 59-80. https://doi.org/10.31605/arajang.v6i1.2793