STRATEGI POLITIK HASBI RUKMAN S.P PADA PEMILIHAN KEPALA DESA SERENTAK DI DESA KATUMBANGAN LEMO PADA TAHUN 2021

  • ELA LAUDIA Ela Universitas Sulawesi Barat
Keywords: Politik, Kampanye, Sumber Daya, Pemilihan Kepala Desa

Abstract

Kepala Desa dipilih melalui proses pemilihan umum oleh masyarakat desa, dalam pemilihan serentak pada tanggal 18 November 2021 di desa Katumbangan Lemo juga dilaksanakan pemilihan kepala desa. Untuk memperoleh kemenangan maka calon harus menyiapkan strategi, begitu pula yang dilakukan oleh Hasbi Rukman S.P. Strategi politik adalah cara untuk merumuskan dan menganalisis kekurangan, kelebihan dan pendekatan yang dapat dilakukan oleh bakal calon untuk mengait pemilih. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi politik Hasbi Rukman S.P dalam memenangkan pemilihan kepala desa Katumbangan Lemo. Metode penelitian yang di gunakan ialah penelitian kualitatif, dengan melalukan wawancara dan observasi untuk mengumpulkan data primer dan sekunder dari narasumber. Peneliti memperoleh kesimpulan bahwa strategi yang dilakukan oleh Hasbi Rukman S.P adalah sebagai berikut: Pertama, pemilihan program pemberdayaan masyarakat desa dengan mempertimbangkan sumber daya yang dimiliki oleh masyarakat dan desa Katumbangan Lemo; Kedua, Hasbi Rukman S.P dan timnya melakukan kampanye secara langsung kepada masyarakat desa dengan mengadakan pertemuan atau dari rumah kerumah, meskipun ada juga baliho atau spanduk yang dibuat; Ketiga, dalam proses pencalonan Hasbi Rukman S.P dan tim memiliki sumber daya finansial yang mencukupi segala kebutuhan dalam proses kampanye; dan keempat, Hasbi Rukman S.P dan tim menyasar suara dari petani sebagai pekerjaan mayoritas dari masyarakat Katumbangan Lemo dengan memasukkan banyak program terkait pertanian,mengingat Hasbi Rukman merupakan sarjana pertanian tentulah memiliki kemampuandalam bidang tersebut. walaupun demikian Hasbi Rukman tetap memasukkan program kerja lain yang dapa tmemenuhi kebutuhan masyarakat Katumbangan Lemo lainnya seperti pemuda, peternak atau pengusaha.

References

Firmanzah. 2007. Marketing Politik : Antara Pemahaman Dan Realitas. Jakarta : Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Hardani, Dkk. 2020. Metode Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif. Yogyakarta; Cv; Pustaka Ilmu.
Kusumastuti, Adhi Dan Ahmad Mustamil Khoiron. 2019. Metode Penelitian Kualitatif. Semarang; Lembaga Pendidikan Sukarno Pressiondo.
Latip Diat Prasojo, 2018. Manajemen Strategi Uny Press, Yogyakarta. Muslim Mufti, 2019. Teori-Teori Politik, Bandung, Cv Pustaka Setya.
Peter Chorder, 2013. Strategi Politik. Friendrich-Nauman-Stiftung Fur Die Freiheit, Jakarta, 2013.
Pito Andrianus, Toni. 2006. Mengenal Teori-Teori Politik. Bandung: Nuansa Bandung.
Rahyunir Rauf, Sri Maulidiah. 2015, Pemerintahan Desa, Zanafah Publishing, Pekan Baru.
Saleh. Sirajuddin. 2017., Analisis Data Kualitatif., Bandung: Pustaka Ramadan.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif.,, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Afnan Dikhorir 2017 “Strategi Komunikasi Tim Sukses Dalam Pemenangan Pemilu Legislatif Di Kabupaten Kuningan” Universitas Muhammadiyah Cirebon.
Butler & Collins. 1996. A Conceptual Framework Of Political Marketing. California: Sage Publication
Fahmid, Mujahidi Imam., 2012., Identitas Dalam Kekuasaan, Makassar : Ininnawa.
Fatkhuliyah Rizqianah., Dinamika Demokrasi Desa (Studi Analisis Strategi Kandidat Pemenang Pilkades 2018 Di Desa Tegalsari Barat Kecamatan Ampelgading Kabupaten Pemalang).
Hilaliah Masbah., 2021., Strategi Penenangan Kepala Desa Dalam Kepala Desa (Pilkades) Di Desa Kaliukan Kecamatan Astabul Kabupaten Banjar.
Morissan. 2007. Periklanan Dan Komunikasi Pemasaran, Jakarta: Ramdina Prakarsa Terpadu.
Muhammad Arif., Strategi Political Marketing Kandidat Dalam Pilkades (Studi Kasus Kemenangan M. Fauzi Pada Pilkades Desa Sungai Ara Kecamatan Kempas Kabupaten Indragiri Hilir Tahun 2015).
Natsir Roy , 2014., Kekuatan-Kekuatan Politik Dani Pomanto Dan Syamsul Rijal Dalam Pemilihan Walikota Makassar, Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Hasanuddin.
Nurfitriani, Hamrun, Dan Ahmad Taufik. 2017. Pemasaran Politik Bupati Bima Terpilih Pada Pilkada Kabupaten Bima Tahun 2015. Jurnal Jppuma Makassar. Vol 5. No 2. Edisi Desember 2017 (Issn 2550-1305)
Padang Hedrianto Riko, 2017 Strategi Politik Dalam Pemilihan Kepala Desa Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara.
Perilaku Politik Masyarakat Pada Pemilihan Kepala Desa (Studi Kasus Di Pekon Susuk Kecamatan Kelumbayan Kabupaten Tanggamus).
Sulistiowati Ratna. 2015 Strategi Pemenangan Kandidat Kepala Desa (Studi Kasus Kemenangan Polisi Dalam Pemilihan Kepala Desa Didesa Kebasen Kecamatan Kebasen Kabupaten Bayumas) Universitas Negeri Semarang.
Syarifuddin Imam Tengku. 2016 Strategi Penangan Kepala Desa Terpilih Pada Pemilihan Kepala Desa Santan Tengah Kecamatan Marang Kayu Kabupatn Kutai Kartanegara Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa.
Undang-undang No. 32 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah.
Peraturan Pemerintah Tahun 2005 Nomor 72 Tentang Pemilihan Kepala Desa Peraturan Pemerintah tahun 2005 Nomor 72 tentang pemilihan Kepala Desa
Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor. 65 Tahun 2017 Tentang Perubahan Aturan Pemilihan Kepala Desa
Published
2023-12-03
How to Cite
Ela, E. L. (2023). STRATEGI POLITIK HASBI RUKMAN S.P PADA PEMILIHAN KEPALA DESA SERENTAK DI DESA KATUMBANGAN LEMO PADA TAHUN 2021. Jurnal Arajang, 6(2), 40-48. https://doi.org/10.31605/arajang.v6i2.3473