Main Article Content

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi sistem peredaran darah melalui model pembelajaran Think Pair Share (TPS) di kelas XI SMAN 8 Takalar. Subjek pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas XI IPA 1 SMAN 8 Takalar yang berjumlah 24 orang. Instrumen penelitian berupa tes. Data hasil belajar kognitif diperoleh dari tes hasil belajar dan LKS. Hasil pada siklus I menunjukkan nilai rata-rata hasil belajar peserta didik yaitu 63, dan pada siklus II yaitu 83. Hal tersebut menyatakan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar kognitifpeserta didik pada materi sistem peredaran darah di kelas XI IPA 1 SMAN 8 Takalar.

Article Details

How to Cite
Nurul Fadhilah. (2021). PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) DI KELAS XI IPA SMAN 8 TAKALAR. BIOMA: Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 3(2), 56-65. https://doi.org/10.31605/bioma.v3i2.1353