Main Article Content
Abstract
Model pembelajaran AIR (Auditory, Intellectually, Repetition) merupakan model pembelajaran yangmemperhatikan 3 hal, yaitu Auditory (mendengar), Intellectually (berpikir), Repetition (pengulangan). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dan bagaimana hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Gebangdengan model pembelajaran AIR (Auditory, Intellectually, Repetition). Jenis penelitian ini yaitu quasi eksperimental design. Sampel yang digunakan adalah kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Dari hasil analisis data yang dilakukan dengan menggunakan uji t diperoleh nilai thitung sebesar 4,60 dan nilai ttabel sebesar 1,995 untuk taraf signifikan 5% dengan dk=68. Hal ini menunjukkan bahwa thitung > ttabel, sehingga Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh model pembelajaran AIR terhadap hasil belajar siswa, sedangkan hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 82,31 berkategorikan baik dan kelas kontrol dengan nilai rata-rata 70,21 berkategorikan cukup, dengan demikian hasil belajar siswa dengan model pembelajaran AIR (Auditory, Intellectually, Repetition) lebih baik.
Kata kunci— AIR, hasil belajar, sistem Pernapasan