Main Article Content

Abstract

Metode resitasi adalah metode pemberian tugas kepada peserta didik baik individu maupun kelompok yang kemudian tugas tersebut harus dipertanggungjawabkan kembali kepada guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi penerapan metode resitasi dan dampak metode resitasi pada minat dan hasil belajar biologi peserta didik kelas X Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Majene. Penelitian ini merupakan penelitian mix method. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MIPA di SMA Negeri 2 Majene yang berjumlah 184 orang. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan rumus slovin sehingga sampel yang digunakan yaitu 126 orang. Data penelitian dikumpulkan melalui data angket yang dibuat dengan memperhatikan indikator yang terkait kemudian disebarkan secara langsung kepada peserta didik pada kelas X MIPA di SMA Negeri 2 Majene. Data penelitian juga dikumpulkan melalui wawancara bersama guru biologi kelas X MIPA dan Wakil Kepala Sekolah bidang kurikulum, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran serta dokumentasi yang didapatkan dari guru biologi kelas X MIPA di SMA Negeri 2 Majene. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran resitasi oleh guru biologi kelas X MIPA berada pada kategori sudah sebagian besar terlaksana, minat belajar peserta didik terhadap metode resitasi berada pada kategori tinggi, sedangkan hasil belajar peserta didik terhadap metode resitasi juga sudah berada pada kategori tinggi dilihat dari hasil nilai belajar peserta didik semester 2 yang didapatkan dari sekolah.

Keywords

Metode Resitasi Minat Belajar Hasil Belajar Biologi

Article Details

How to Cite
Hatur Rahmah, M., & Sainab, S. (2023). Analisis Penerapan Metode Resitasi serta Dampaknya pada Minat dan Hasil Belajar Biologi Peserta Didik pada Jenjang Sekolah Menengah. BIOMA: Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 5(1), 105-117. https://doi.org/10.31605/bioma.v5i1.2416