Main Article Content

Abstract

Pendidikan merupakan komponen penting dalam membangun generasi cerdas. Untuk membangun generasi ini diperlukan keterampilan abad 21, salah satunya keterampilan berpikir kreatif siswa. Kemampuan berpikir kreatif siswa adalah kemampuan untuk membangkitkan ide atau gagasan baru dalam menghasilkan suatu cara dalam permasalahan, bahkan menghasilkan cara baru sebagai alternatif pemecahannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran biologi di SMA Negeri 2 Lambandia Kolaka Timur Sulawesi Tenggara Indonesia. Subyek penelitian ini terdiri dari 59 siswa kelas X, XI, dan XII di SMA Negeri 2 Lambandia. Instrumen yang digunakan adalah tes berupa uraian dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 59 siswa kelas X, XI, dan XII SMA Negeri 2 Lambandia diperoleh hasil tes kemampuan berpikir kreatif siswa- (1) Persentase pada indikator kelancaran sebesar 64% ( 2) persentase indikator fleksibilitas 69% (3) persentase indikator keaslian 66% (4) persentase indikator detailing 66%. Kesimpulan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X, XI, XII SMA Negeri 2 Lambandia perlu diperhatikan, karena kemampuan siswa masih tergolong dalam kategori rendah.

Keywords

Keterampilan berpikir kreatif; Siswa; pelajaran biologi

Article Details

How to Cite
-, T. M. S., Ernawati, Saparuddin, Pupika, M., & Amaliah, N. (2023). Analysis of Students’ Creative Thinking Skills in Biology Subjects at Senior High School 2 Lambandia. BIOMA: Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 5(1), 118-125. https://doi.org/10.31605/bioma.v5i1.2425