Main Article Content

Abstract

Berpikir kritis termasuk jenis berpikir yang menerapkan aspek kreatif dan evaluatif diimplementasikan dalam argumen positif ataupun negatif yang mencerminkan kualitas pemikiran seseorang, tergolong dalam kemampuan kognitif yang menjadi indikator pencapaian yang perlu dipenuhi oleh mahasiswa. konteks germinasi, mahasiswa perlu mampu mengevaluasi sumber informasi, mengidentifikasi kelemahan dalam argumen ilmiah, dan mengambil kesimpulan yang didasarkan pada bukti yang kuat. Analisis profil keterampilan berpikir kritis dapat memberikan gambaran tentang sejauh mana mahasiswa mampu melakukan evaluasi yang objektif dan kritis terhadap informasi yang mereka temui. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis profil kemampuan berpikir kritis mahasiswa Pendidikan Biologi dengan menggunakan graded response models pada materi  germinasi. Penelitian yang dilaksanakan termasuk jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian dilakukan pada bulan Maret sampai dengan bulan Mei 2023. Subjek penelitian mahasiswa semester IV Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sulawesi Barat sebanyak 50 mahasiswa tahun akademik 2022/2023. Tehnik sampling yang digunakan adalah Purposive Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profil keterampilan berpikir kritis mahasiswa pendidikan biologi adalah rendah. Informasi tentang profil keterampilan berpikir kritis mahasiswa dapat digunakan untuk merancang strategi pembelajaran yang lebih baik.


 

Article Details

How to Cite
SY, N. S. (2023). Analisis Profil Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Biologi pada Materi Germinasi . BIOMA: Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 5(2), 126-135. https://doi.org/10.31605/bioma.v5i2.3089