Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran tutor sebaya berbantuan mind mapping dalam meningkatkan hasil belajar biologi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan rancangan eksperimen semu pretest-posttest control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sendana yang terdaftar pada semester ganjil tahun akademik 2022/2023 dengan materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan. Subjek penelitian ini adalah 64 siswa, yang dibagi menjadi 2 kelas. 1 kelas eksperimen dan 1 kelas kontrol. Jumlah siswa kelas ekpserimen sebanyak 32 orang dan di kelas kontrol sebanyak 32 orang. Kelas eksperimen diajar dengan metode pembelajaran tutor sebaya berbatuan mind mapping dan kelas kontrol diajarkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional yaitu dengan metode ceramah dan tanya tawab. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes pilihan ganda sebanyak 30 item. Data penelitian dianalisis dengan dengan menggunakan Ancova satu jalur. Ditemukan bahwa hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan metode pembelajaran tutor sebaya berbantuan mind mapping lebih tinggi daripada keterampilan hasil belajar siswa yang menggunakan model konvensional. Rekomendasi penelitian ini adalah metode pembelajaran tutor sebaya berbantuan mind mapping dapat digunakan untuk mata pelajaran yang lain karena dianggap memiliki potensi dalam meningkatkan hasil belajar.


 


Kata Kunci: tutor sebaya, mind mapping, hasil belajar biologi

Article Details

How to Cite
Irfan, M., Syamsiara Nur, Nasir, Y., & SY, N. (2024). Pembelajaran Tutor Sebaya Berbantuan Mind mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi. BIOMA: Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 6(1), 73-81. https://doi.org/10.31605/bioma.v6i1.3630