Main Article Content

Abstract

Keterampilan metakognitif merupakan salah satu keterampilan siswa yang berhubungan dengan cara siswa dalam mengelolah inforfmasi, mengatur strategi belajarnya, dan memecahkan masalah dalam proses belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap profil keterampilan metakognitif mahasiswa pada mata kuliah mikrobiologi dasar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu survei, dengan cara menyebarkan angket keterampilan metakognitif kepada siswa kemudian dianalisis dengan menggunakan persentase deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa angkatan 2024/2025 Universitas Indonesia Timur yang telah memprogramkan mata kuliah mikrobiologi dasar. Sampel pada penelitian ini sebanyak 35 orang. Hasil survei digunakan untuk mengetahui data tentang keterampilan metakognitif mahasiswa. Hasil keterampilan metakognitif mahasiswa dari setiap indikator adalah Planning 29,4%, Monitoring 34,94%, Evaluation 27,97%, dan Revising 16,14%. Keterampilan metakognitif mahasiswa Program Studi D-III Analis Kesehatan secara keseluruhan berada pada ketegori berkembang baik.

Keywords

Keterampilan metakognitif, mikrobiologi dasar, strategi pembelajaran

Article Details

How to Cite
Saleh, R. S. (2025). PROFIL KETERAMPILAN METAKOGINITIF MAHASISWA PADA MATA KULIAH MIKROBIOLOGI DASAR DI UNIVERSITAS INDONESIA TIMUR. BIOMA: Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 7(2), 49-57. https://doi.org/10.31605/bioma.v7i2.5559