Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan berpikir kreatif peserta didik (berupa nilai pre test dan post test) pada siswa kelas XI MIA di SMA Negeri 3 Majene, dengan memberikan perlakuan menggunakan pendekatan problem posing pada pokok bahasan sel. Empat aspek yang diukur dalam berpikir kreatif yaitu: keterampilan berpikir lancar (fluency), keterampilan berpikir luwes (fleksibility), keterampilan berpikir orisinal, dan keterampilan merinci (elaboration). Peningkatan kemampuan berpikir kreatif dilihat dari skor yang diperoleh peserta didik melalui tes yang dikerjakan dan dari hasil lembar observasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan berpikir kreatif peserta didik sebelum dan sesudah diberikan pendekatan problem posing. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan problem posing terhadap berpikir kreatif peserta didik.

Keywords

problem posing berpikir kreatif

Article Details

How to Cite
sainab, sainab, Hidayah, N., Oktariani, N., & Nur, S. (2019). Pengaruh Penggunaan Pendekatan Problem Posing terhadap Berpikir Kreatif Peserta Didik SMA. BIOMA: Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 1(1), 41-46. Retrieved from https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/bioma/article/view/578