Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar kognitif IPA (biologi) peserta didik VIII MTs As’adiyah Banua Baru tahun ajaran 2016/2017 dengan memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah one group pretestt-posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs As’adiyah Banua Baru tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri atas tiga kelas berjumlah 79 siswa. Sedangkan sampelnya berjumlah 22 siswa kelas VIIIA yang diambil dengan menggunakan teknik random sampling. Data yang diperoleh merupakan hasil belajar pretestt dan posttest siswa yang kemudian dianalisis secara deskriptif dan inferensial dengan menggunakan SPSS 23 dari windows dengan signifikansi 0.05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing secara signifikan dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa IPA Terpadu (Biologi).


Kata kunci: Inkuiri terbimbing, hasil belajar kognitif

Keywords

Inkuiri terbimbing hasil belajar kognitif

Article Details

How to Cite
Rezeky, N., Rahman, S. R., Nur, S., & Wahid, M. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Guided Inquiry dengan Memanfaatkan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa. BIOMA: Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 1(1), 56-63. Retrieved from https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/bioma/article/view/579