Main Article Content

Abstract

Kupu-kupu merupakan Arthropoda yang termasuk dalam ordo Lepidoptera. Serangga ini dapat dijadikan bioindikator lingkungan. Keanekaragaman kupu-kupu cenderung menurun, seiring berkurangnya tutupan vegetasi (tutupan lahan) yang menjadi habitatnya. Pembangunan infrastruktur perkuliahan di Institut Teknologi Sumatera (ITERA) diprediksi menyebabkan berkurangnya tutupan lahan. Penelitian ini bertujuan untuk menginventarisasi dan menganalisis keanekaragaman kupu-kupu di kawasan ITERA. Kupu-kupu dikoleksi dengan menggunakan metode jelajah (road sampling) pada dua lokasi yang telah ditentukan.


Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 14 spesies kupu-kupu yang termasuk ke dalam 3 famili yaitu Nympalidae, Papilionidae dan Pieridae. Spesies kupu-kupu yang paling banyak ditemukan yaitu Orsotriaena sp.. Hasil analisis indeks diveristas mengindikasikan bahwa nilai indeks keanekaragaman kupu-kupu di kawasan ITERA tergolong dalam kategori sedang.

Keywords

biodiversitas, bioindikator, lingkungan, tutupan lahan, vegetasi

Article Details

How to Cite
Ariyanti, Y., & Ivanka, T. (2020). Keanekaragaman Kupu-Kupu (Ordo : Lepidoptera) di Sekitar Kawasan Kampus Institut Teknologi Sumatera (ITERA). BIOMA: Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 2(1), 21-28. Retrieved from https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/bioma/article/view/736