Analisis Usability Aplikasi Google Classroom Sebagai E-Learning Selama Masa Pandemi COVID-19

  • Firdaus Firdaus
  • Rasydianah MTSN 2 Majene
Keywords: google classroom, usability, USE Questionnaire

Abstract

Pandemi COVID-19 mengharuskan pembelajaran konvensional berbasis tatap muka beralih ke pembelajaran jarak jauh (e-learning) sebagai upaya memutus rantai penularan virus. Aplikasi e-learning yang banyak digunakan di Prodi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Sulawesi Barat selama masa pandemi COVID-19 adalah Google Classroom. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kebergunaan (usability) aplikasi Google Classroom sebagai e-learning. Pengukuran usability menggunakan tool USE Questionnaire yang meliputi aspek usefulness, ease of use, ease of learning, dan satisfaction. Analisis data menggunakan Microsoft Excel dan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat usability aplikasi Google Classroom sebesar 72,714% yang termasuk kategori layak digunakan.

Published
2020-06-30