Main Article Content

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar aspek kognitif siswa kelas X Mia SMA Negeri 1 Tinambung dengan menerapkan pengoptimalan pengelolaan kelas, yang menjadi subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas X Mia 1 SMA Negeri 1 Tinambung. Penelitian ini merupakan Penelititan Tindakan Kelas (PTK), yang terdiri dari empat langkah yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi dan tes hasil belajar. Pengelolaan kelas dilakukan guru dengan cara pengoptimalan penerapan prinsip-prinsip dalam pengelolaan kelas. Hasil penelitian diketahui bahwa dengan menerapkan pengoptimalan pengelolaan kelas, pada siklus I siswa yang mencapai KKM yaitu 21 orang yang tuntas dengan ketuntasan belajar klasikal siswa yaitu 55%, sedangkan pada siklus II ketuntasan belajar klasikal siswa menjadi 86% yaitu 31 orang siswa mencapai nilai KKM pada siklus II. Berdasarkan Analisa data tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan pengelolaan kelas yang optimal dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Keywords

pengelolaan kelas hasil belajar

Article Details

How to Cite
marina, marina, Sainab, & Rahman, S. R. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Aspek Kognitif Melalui Optimalisasi Pengelolaan Kelas Pada Peserta Didik Di Kelas X SMA Negeri 1 Tinambung. BIOMA: Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 2(1), 37-42. Retrieved from https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/bioma/article/view/741