Main Article Content
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar aspek kognitif siswa kelas X Mia SMA Negeri 1 Tinambung dengan menerapkan pengoptimalan pengelolaan kelas, yang menjadi subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas X Mia 1 SMA Negeri 1 Tinambung. Penelitian ini merupakan Penelititan Tindakan Kelas (PTK), yang terdiri dari empat langkah yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi dan tes hasil belajar. Pengelolaan kelas dilakukan guru dengan cara pengoptimalan penerapan prinsip-prinsip dalam pengelolaan kelas. Hasil penelitian diketahui bahwa dengan menerapkan pengoptimalan pengelolaan kelas, pada siklus I siswa yang mencapai KKM yaitu 21 orang yang tuntas dengan ketuntasan belajar klasikal siswa yaitu 55%, sedangkan pada siklus II ketuntasan belajar klasikal siswa menjadi 86% yaitu 31 orang siswa mencapai nilai KKM pada siklus II. Berdasarkan Analisa data tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan pengelolaan kelas yang optimal dapat meningkatkan hasil belajar siswa.