Main Article Content

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif Think Pair and Share (TPS). Subjek penelitian ini adalah 36 orang siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Makassar. Pelaksanaan penelitian ini terdiri atas dua siklus, data diperoleh melalui hasil belajar siswa dengan menggunakan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS meningkatkan hasil belajar siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Makassar. Peningkatan tersebut ditunjukkan oleh hasil penelitian dari siklus I ke siklus II, yaitu rata-rata nilai hasil belajar siswa meningkat dengan persentase siswa yang tuntas dari 50,78% menjadi 82,56%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Makassar.

Keywords

Model pembelajaran kooperatif tipe TPS Hasil belajar biologi

Article Details

How to Cite
Athira. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas Viii Smp Negeri 1 Makassar Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair And Share (Tps). BIOMA: Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 2(1), 8-13. Retrieved from https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/bioma/article/view/742