Analisis Pelaksanaan Penilaian Oleh Guru Biologi SMAN di Kabupaten Barru

  • M Irfan

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran perencanaan penilaian, gambaran pelaksanaan penilaian, dan gambaran pelaporan hasil penilaian guru Biologi yang mengajar di SMAN yang ada di Kabupaten Barru ditinjau dari aspek antecedents, transactions, dan outcomes. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian evaluasi dengan menggunakan model evaluasi program Model Countenance Stake. Analisis data menggunakan analisis data deskriptif dalam bentuk distribusi persentase. Subjek dalam penelitian ini melibatkan: guru biologi, dan peserta didik. Untuk memperoleh data digunakan kuesioner, pedoman wawancara, dokumentasi, dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pelaksanaan penilaian oleh guru Biologi SMAN di Kabupaten Barru berdasarkan rekapitulasi aspek perencanaan (antecedents) berada pada kategori sangat baik, aspek pelaksanaan (transactions) pada kategori sangat baik, dan  aspek pelaporan hasil (outcomes) berada pada kategori baik. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pada tiap aspek penilaian masih ada kriteria yang belum terlaksana dengan baik.

Kata Kunci-  penilaian, perencanaan, pelaksanaan, pelaporan hasil.

Published
2020-06-25