Celebes Journal of Elementary Education https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/cjee <p><strong><em>Nama Jurnal:&nbsp;</em></strong><em>Celebes Journal of Elementary Education</em><br><strong><em>Frekuensi :</em></strong> 2 issues a year (Juni &amp; Desember)<br><strong><em>DOI :&nbsp;</em></strong><em>https://doi.org/10.31605/celebes</em><br><strong><em>ISSN : 3031-8858</em></strong></p> <p><strong><em>Editor-in-chief :</em></strong> Muhammad Ilham S, <strong>Eksekutif Editor: </strong>Iqbal<br><strong><em>Penerbit :&nbsp;<a href="https://unsulbar.ac.id/">Universitas Sulawesi Barat</a></em></strong><br><strong>Pengelola</strong>: Prodi PGSD, Universitas Sulawesi Barat<br><strong><em>Website : https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/cjee</em></strong></p> en-US [email protected] (Muhammad Ilham S) [email protected] (Iqbal) Sun, 11 Jun 2023 00:00:00 +0800 OJS 3.1.2.1 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Application of Child Protection Law in the Context of Formal Education: A Social Anthropology Review https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/cjee/article/view/3446 <p><span style="font-weight: 400;">Dalam penelitian ini, antropologi sosial digunakan untuk menyelidiki bagaimana undang-undang perlindungan anak diterapkan dalam institusi pendidikan formal. Pendidikan formal dan perlindungan anak adalah dua komponen penting dalam perkembangan anak-anak. Meskipun telah ada usaha untuk melindungi anak-anak di pendidikan formal, pemahaman kita tentang bagaimana hukum perlindungan anak diterapkan dan bagaimana perubahan budaya dan sosial memengaruhi proses ini masih terbatas.</span></p> <p><span style="font-weight: 400;">Studi ini menggunakan pendekatan studi kasus kualitatif untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana hukum perlindungan anak diterapkan di beberapa lembaga pendidikan formal. Proses pengumpulan data terdiri dari observasi partisipatif, wawancara dengan berbagai pemangku kepentingan, dan analisis dokumen tingkat lembaga terkait kebijakan dan praktik.</span></p> <p><span style="font-weight: 400;">Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang kesulitan penerapan hukum perlindungan anak dalam pendidikan formal. Analisis</span></p> <p><span style="font-weight: 400;">antropologi sosial akan digunakan untuk memahami bagaimana nilai-nilai budaya, norma, dan struktur sosial mempengaruhi penerapan hukum tersebut. Studi ini juga akan mempelajari bagaimana penerapan hukum perlindungan anak berdampak pada pengalaman pendidikan anak-anak, baik dari segi psikologis maupun sosial.</span></p> <p><span style="font-weight: 400;">Penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang kesulitan dan peluang dalam menciptakan lingkungan pendidikan formal yang aman, inklusif, dan mendukung untuk perkembangan optimal anak-anak. Dengan menggabungkan elemen hukum, pendidikan, dan antropologi sosial, penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap perbaikan kebijakan, praktik pendidikan, dan perlindungan hak anak di lingkungan pendidikan formal.</span></p> Kurnia Ali Syarif, Dyan Paramitha Darmayanti Copyright (c) 2023 https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/cjee/article/view/3446 Sun, 11 Jun 2023 00:00:00 +0800 The Importance of Parental Involvement in the Education Process: An Analysis of Its Role and Impact https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/cjee/article/view/3447 <div class="page" title="Page 1"> <div class="layoutArea"> <div class="column"> <p>Penelitian ini berfokus pada pentingnya keterlibatan orang tua dalam proses pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk mengeksplorasi dampak signifikan keterlibatan orang tua dalam proses pendidikan; delapan informan terdiri dari empat siswa SMA, dua orang tua siswa, dan dua guru. Informan mewakili berbagai tahap kehidupan, berkisar antara 18 dan 55 tahun. Melalui wawancara yang menyeluruh, penelitian ini mengungkapkan bahwa keterlibatan orang tua memiliki dampak yang signifikan terhadap keinginan siswa untuk belajar, memperkuat hubungan siswa-guru, dan membuat lingkungan pendidikan yang mendukung perkembangan secara keseluruhan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua memainkan peran penting dalam mendorong kesuksesan akademik dan perkembangan sosial di sekolah menengah atas. Penemuan ini memberikan dasar untuk membuat kebijakan dan praktik pendidikan yang lebih baik serta menekankan pentingnya keterlibatan orang tua sebagai elemen kunci dalam memahami dan meningkatkan sistem pendidikan.</p> </div> </div> </div> Dyan Paramitha Darmayanti, Andi Sadriani Copyright (c) https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/cjee/article/view/3447 Mon, 11 Dec 2023 00:00:00 +0800 Penggunaan Metode Diskusi Berbasis Media Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/cjee/article/view/3448 <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan nilai Pendidikan Kewarganegaraan melalui penggunaan metode diskusi pada siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri 1 Ulak Jermun. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas 3 siklus. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 16 siswa di kelas II SD Negeri 1 Ulak Jermun Kecamatan Sirah Pulau Padang Kabupaten Ogan Komering Ilir. Teknik pengumpulan data yang diambil yaitu saat mulai mengajar, melakukan kegiatan, dan juga mengamati kelas dan murid. Lalu tenik analisis data yang digunakan yaitu evaluasi kualitatif.&nbsp; Dari hasil penelitian penggunaan metode diskusi yang berbasis media pembelajaran sangat tepat untuk siswa kelas II, pada prasiklus ada 4 siswa yang memperoleh nilai diatas standar ketuntasan ataupun cuma 19,7%, setelah itu pada siklus 1 siswa telah sanggup menguasai pembelajaran yakni ada 10 siswa yang mendapatkan nilai diatas standar ketuntasan dengan persentase 80, 7%. Kemudian dilanjutkan dengan siklus 2 yakni seluruh siswa memperoleh nilai diatas standar ketuntasan. Hingga bisa disimpulkan dengan metode diskusi memanfaatkan media visual bisa meningkatkan nilai siswa di Sekolah Dasar Negeri 1 Ulak Jermun.</p> Yospin, Ering Purwanto Adi, Muhammad Ilham S Copyright (c) https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/cjee/article/view/3448 Sun, 11 Jun 2023 00:00:00 +0800 Penerapan Model Pembelajaran PAKEM Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V MIN 3 Pessel https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/cjee/article/view/3449 <p>Hasil penelitian perbaikan pembelajaran bersiklus-n ini merupakan refleksi penulis selama melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek siswa kelas V MIN 3 Pessel, semester II dengan tahun ajaran 2022/2023. Total siswa yaitu 18 siswa yang didominasi oleh siswa perempuan sebanyak 13 orang dan sisanya laki-laki 5 orang, penelitian ini dilaksanakan bulan Mei tahun 2023. Perbaikan pembelajaran berfokus pada pembelajaran IPA, Tema yang diangkat tema 8 yang berjudul Lingkungan Sahabat Kita, dengan fokus pada Sub Tema 1 Manusia dan Lingkungan. Standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pembelajaran IPA yang harus dicapai siswa yaitu 70. Pada siklus I hanya 7 siswa yang telah memenuhi syarat Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), dan siklus II, terjadi kenaikan hasil belajar siswa, sebanyak 15 orang siswa memenuhi standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Perolehan nilai baik siklus I maupun II nilai tertinggi yaitu 100 dan yang terendah 20. Sehingga dapat ditarik kesimpulan, penerapan model pembelajaran PAKEM mampu menunjang hasil belajar siswa pada siklus I hasilnya sebesar 38,8%, dan siklus II meningkat menjadi 83,3%. Disarankan guru lain juga menerapkan dan mengoptimalkan model pembelajaran PAKEM untuk mata pelajaran lainnya.</p> Muh. Inayah A.M, Fira Firdayanti Copyright (c) 2023 https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/cjee/article/view/3449 Sun, 11 Jun 2023 00:00:00 +0800 KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN TEKNIK AKROSTIK DI SEKOLAH DASAR: SISTEMATICS LITERATURER REVIEW https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/cjee/article/view/3450 <p>Artikel ini bertujuan untuk memberikan solusi yang mudah bagi guru dalam pembelajaran menulis puisi. Terdapat banyak argumen yang menyatakan bahwa menulis adalah salah satu keterampilan yang sulit dan memerlukan waktu yang cukup lama untuk menguasainya. Metode yang digunakan dalam tulisan ini adalah <em>systematics literature review</em>, yaitu mengumpulkan berbagai literature baik yang bersumber dari jurnal ilmiah, buku, maupun lainnya. Data-data yang dikumpulkan berisi informasi terkait hasil penelitian-penelitian sebelumnya yang berhubungan dengan keterampilan menulis puisi menggunakan teknik akrostik pada siswa di sekolah dasar. Teknik akrostik merupakan salah satu teknik yang dapat digunakan bagi penulis atau penyair pemula untuk menciptakan, menikmati, dan mengapresiasi puisi-puisi lainnya. Berdasarkan tujuh literature yang telah dianalisis, diperoleh hasil bahwa penggunaan teknik akrostik dalam menulis puisi memberikan pengaruh dan dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi peserta didik.</p> Iqbal Arifin, St Harpiani, Muh. Irham Nugraha Copyright (c) https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/cjee/article/view/3450 Sun, 11 Jun 2023 00:00:00 +0800