Indonesian Journal of Educational Science (IJES) https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/ijes <p><strong><em>Name: </em></strong><em>Indonesian Journal of Educational Science (IJES) </em><br><strong><em>Frekuensi :</em></strong> 2 issues a year (March and September)<br><strong><em>DOI : </em></strong><em>https://doi.org/10.31605/ijes</em><br><strong><em>ISSN : <a href="http://issn.pdii.lipi.go.id/issn.cgi?daftar&amp;1532007581&amp;1&amp;&amp;">2622-6197</a> </em></strong></p> <p><strong><em>Editor-in-chief :</em></strong> Nurhikmah Ramadana<br><strong><em>Eksekutif Editor: </em></strong><em>Amran Yahya</em><br><strong><em>Penerbit : </em></strong><em><a href="https://unsulbar.ac.id/">Universitas Sulawesi Barat</a></em><br><strong><em>Pengelola: </em></strong><em>Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Sulawesi Barat</em></p> <p><strong><em>Website : </em></strong><em>https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/ijes</em></p> en-US [email protected] (Nurhikmah ramadhana) Tue, 02 Apr 2024 08:34:49 +0800 OJS 3.1.2.1 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Implementasi Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa Sekolah Dasar https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/ijes/article/view/2806 <p>Differentiated learning is an action taken by the teacher in the classroom that adapts the learning process to the needs<br>of each student, so that the needs of each child can be met as a whole. One of the main needs of students that needs to<br>be improved in achieving optimal learning outcomes and supporting the learning process in the surrounding<br>environment is the ability to collaborate. The purpose of this study was to find out whether there was an increase in<br>students&amp;#39; collaboration skills using a differentiated learning model. The type of research used is collaborative<br>classroom action research with four stages, namely: planning, action, observation, and reflection. This research was<br>conducted at Gendongan 01 Public Elementary School with research subjects namely all 22 grade II students. Data<br>analysis techniques used percentage, category, and comparison techniques. In the pre-cycle, students&amp;#39; collaboration<br>skills reached 9.09%. After applying differentiated learning, collaboration skills can increase in the first cycle by<br>40.09% and in the second cycle by 72.71%. The use of differentiated learning models can also improve student learning<br>outcomes, which were originally in the pre-cycle as much as 45.45%, increased to 72.72% in cycle I and cycle II as<br>much as 90.90%. Thus, the differentiated learning model can be applied in learning to improve collaboration skills and<br>student learning outcomes.</p> adila kurnia Copyright (c) 2024 adila kurnia https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/ijes/article/view/2806 Mon, 01 Jul 2024 00:31:14 +0800 Peningkatan Keterampilan Komunikasi Mahasiswa Sosiologi Melalui Efikasi Diri yang Baik https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/ijes/article/view/2890 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menemukan hubungan antara efikasi diri dengan keterampilan komunikasi yang dimiliki mahasiswa Prodi Sosiologi. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan yang positif antara efikasi diri dengan keterampilan komunikasi mahasiswa, dengan asumsi semakin kuat efikasi diri maka semakin kuat kemampuan komunikasi mahasiswa dan sebaliknya. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif korelasional. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 31 mahasiswa dan populasinya adalah mahasiswa Program Studi Sosiologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Hasil penelitian menemukan adanya hubungan antara efikasi diri dan kemampuan komunikasi mahasiswa dengan Sig. (2-tailed) = 0,000 dan korelasi Pearson adalah 0,748. Hasil ini membuktikan bahwa ada hubungan antara efikasi diri dengan keterampilan komunikasi mahasiswa, dan hubungannya positif. Hal ini mengandung arti bahwa semakin tinggi nilai efikasi diri maka nilai keterampilan komunikasi juga akan meningkat begitu pula sebaliknya.</p> Fadli Padila Putra Fadli Padila Putra, Riska Rahmawati Copyright (c) 2024 Fadli Padila Putra Fadli Padila Putra, Riska Rahmawati https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/ijes/article/view/2890 Mon, 01 Jul 2024 00:32:00 +0800 Pengaruh Smartphone Addiction dan Self Confidence terhadap Prokrastinasi Akademik Mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/ijes/article/view/3017 <p>Perilaku prokrastinasi akademik atau kebiasaan menunda pengerjaan tugas akademik masih sering terjadi di kalangan mahasiswa termasuk mahasiswa matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Timbulnya perilaku prokrastinasi akademik ini ditandai juga dengan adanya perilaku ketergantungan terhadap ponsel pintar atau <em>smartphone addiction </em>dan juga kepercayaan diri atau <em>self confidence</em> yang rendah saat berhadapan dengan tugas matematika. Oleh karena itu, penelitian ini secara garis besar bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung maupun tidak langsung antara <em>smartphone addiction </em>dan <em>self confidence </em>pada mahasiswa matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon terhadap timbulnya perilaku prokrastinasi akademik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik <em>purposive sampling</em> dan jumlah sampel sebanyak 212 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner serta analisis data melalui teknik analisis jalur model <em>trimming</em>. Hasil penelitian menunjukkan bahwa <em>Smartphone addiction</em> berpengaruh langsung terhadap <em>self confidence</em> dengan nilai koefisien jalur sebesar -0,419. <em>Smartphone addiction</em> tidak berpengaruh langsung terhadap prokrastinasi akademik. <em>Self confidence</em> berpengaruh langsung terhadap prokrastinasi akademik dengan nilai koefisien jalur sebesar -0,661. <em>Smartphone addiction</em> memiliki pengaruh tidak langsung terhadap prokrastinasi akademik melalui <em>self confidence </em>dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,277. Dengan demikian, <em>smartphone addiction</em> tidak memiliki pengaruh langsung terhadap prokrastinasi akademik namun masih memiliki pengaruh secara tidak langsung terhadap prokrastinasi akademik melalui <em>self confidence</em>.</p> Hisyam Ahyani Hisyam Ahyani Copyright (c) 2024 Hisyam Ahyani Hisyam Ahyani https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/ijes/article/view/3017 Mon, 01 Jul 2024 05:33:44 +0800