Author Guidelines

PETUNJUK PENULISAN MANUSKRIP 

Manuskrip harus ditulis dalam bahasa Indonesia, dengan judul, abstrak, dan kata kunci dalam bahasa Indonesia dan Inggris dengan format seperti yang tertuang dalam petunjuk penulisan ini. Persiapan manuskrip meliputi format pengetikan naskah dan penulisan isi setiap bagian naskah. Penulis perlu memastikan naskahnya tidak ada kesalahan pengetikan. 

Format Manuskrip, meliputi: 1. Manuskrip ditulis 2500-3000 kata (maksimal 10 halaman). 2. Jenis huruf Times New Roman dalam ukuran 12 (kecuali judul dengan font 14 dan abstrak font 10), spasi 1.5, pada kertas ukuran A4. Batas/ margin tulisan pada empat sisi berjarak 2 cm. Tanpa indentasi dan menggunakan spasi antar paragraf. 3. Nomor halaman ditulis pada pojok kanan atas. 4. Gambar dan tabel tidak dikelompokkan tersendiri melainkan terintegrasi dengan naskah/manuskrip. 

Bagian dari manuskrip hasil penelitian ditulis dengan urutan IMRAD. Secara rinci meliputi bagian judul, data lengkap penulis, abstrak (Indonesia dan Inggris), kata kunci (Indonesia dan Inggris), latar belakang (pada tinjauan pustaka ditulis pendahuluan), metodologi (tidak untuk manuskrip tinjauan pustaka), hasil (tidak untuk manuskrip tinjauan pustaka), pembahasan (tidak untuk manuskrip tinjauan pustaka), kesimpulan (termasuk di dalamnya saran), ucapan terima kasih, dan referensi. Penulisan uraian bagian manuskrip/ naskah mengikuti ketentuan berikut ini. 

JUDUL (font 14) Judul publikasi (berbeda dengan judul penelitian) yang ditulis mengandung kata kunci utama dan tidak menggunakan singkatan, 12-14 kata.

Referensi hanya memuat artikel yang telah dipublikasi, dan dipilih yang paling relevan dengan naskah. Cara penulisan rujukan mengikuti gaya pengutipan “nama-tahun” (APA style).

# template jurnal