Main Article Content

Abstract

Stres kerja perawat sangat perlu nntuk diperhatikan. Stres yang dilami perawat berdampak pada kualitas pelayanannya Kualitas pelayanan yang menurun akan mengakibatkan perawatan kebutuhan dasar manusia yang tidak terpenuhi akan sulit dicapai sesuai dengan target outcome yang diharapkan.. Tujuan : Literature Review ini adalah untuk menganalisis keterkaitan tingkat stres  kerja terhadap kinerja perawat dalam melaksanakan pelayanan keperawatan di ruang instalasi gawat darurat (IGD). Metode : Penelitian menggunakan metode Literature Review ini dengan mengumpulkan dari artikel yang didapat pada database Google Scholar dan Pubmed dengan rentang waktu  2016-2021. Hasil : Hasil dari 7 jurnal yang telah di review diketahui 1 dari 7 hasil penelitian yang ditemukan perawat memiliki tingkat stres ringan dengan kinerja baik, 4 dari 7 jurnal memiliki tingkat stres sedang dengan kinerja kurang baik, dan 2 dari 7 jurnal memiliki tingkat stres berat dengan kinerja kurang baik. Kesimpulan : Sebagian besar perawat mengalami stress tingkat sedang dengan kinerja kurang baik. Selain itu, didapatkan perawat mengalami stres tingkat berat dengan kinerja juga dalam kategori kurang baik. Rekomendasi: perlu dilakukan kajian lebih lanjut tentang pengaruh pengelolaan stress manajer keperawatan terhadap tingkat stress kerja perawat, penggunaan dokumentasi digital dalam peningkatan kinerja perawat serta pelibatan keluarga pasien dalam perawatan pasien di instalasi gawat darurat.

Keywords

Instalasi Gawat Darurat, Kinerja Perawat, Stres Kerja

Article Details

References

  1. Ahmad, S. N. A., & Vera, A. (2019). Hubungan Tingkat Stres Kerja dengan Kinerja Perawat di Ruang Instalasi Gawat Darurat RSU Kabupaten Tangerang. Jurnal JKFT, 4(1), 36-42.
  2. Fajrillah, F., & Nurfitriani, N. (2016). Hubungan Stres Kerja dengan Kinerja Perawat Pelaksana dalam Melaksanakan Pelayanan Keperawatan di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Umum Anutapura Palu. Jurnal Keperawatan Sriwijaya, 3(2), 17-24..
  3. Hidayat, R. (2013). Hubungan faktor stres kerja dengan kinerja perawat di instalasi gawat darurat rumah sakit premier Surabaya. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ners Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga.
  4. Kambong, M., J.M. Pangemanan dan G.H.M. Kapantouw. (2013). Hubungan Antara Pelayanan Perawat Dengan Kepuasan Pasien di Puskesmas Talawaan Kecamatan Talawaan Kabupaten Minahasa Utara. Jurnal Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Vol. 1, No. 7.
  5. Khamisa, N., Peltzer, K., Ilic, D., & Oldenburg, B. (2017). Effect of personal and work stress on burnout, job satisfaction and general health of hospital nurses in South Africa. health sa gesondheid, 22, 252-258.
  6. Lating, Z., Tunny, I. S., Latuconsina, L., & Wakan, I. F. (2016). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Stres Kerja Perawat dalam Melaksanakan Pelayanan Keperawatan di Ruang UGD RSUD Piru. 2-TRIK: TUNAS-TUNAS RISET KESEHATAN, 6, 53-57.
  7. Li, L., Ai, H., Gao, L., Zhou, H., Liu, X., Zhang, Z., ... & Fan, L. (2017). Moderating effects of coping on work stress and job performance for nurses in tertiary hospitals: a cross-sectional survey in China. BMC health services research, 17(1), 1-8.
  8. Manoppo, I. A., & Renyaan, S. A. P. (2017). Hubungan Stres Kerja dengan Kinerja Perawat di Rumah Sakit Umum Daerah Scholoo Keyen Kabupaten Sorong Selatan. 2-TRIK: TUNAS-TUNAS RISET KESEHATAN, 7(2), 109-113.
  9. Sasmita, F. N., & Selandio, V. (2020). HUBUNGAN STRES KERJA DENGAN KINERJA PERAWAT DI RUANG RAWAT INAP MELATI DAN SERUNI RSUD DR. M. YUNUS BENGKULU. PREPOTIF: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 4(2), 169-175.
  10. Rahman, A., Salmawati, L., & Suatama, I. P. (2017). Hubungan Stres Kerja Dengan Kinerja Perawat di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Bhayangkara Palu. Healthy Tadulako Journal (Jurnal Kesehatan Tadulako), 3(2), 64-68.
  11. Runtuwene, K. S., Kolibu, F. K., & Sumampouw, O. J. (2019). HUBUNGAN ANTARA STRES KERJA DENGAN KINERJA PADA PERAWAT DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH MINAHASA SELATAN. KESMAS, 7(5).
  12. Trifianingsih, D., Santos, B. R., & Brikitabela, B. (2017). HUBUNGAN ANTARA STRES KERJA DENGAN KINERJA PERAWAT DI RUANG UGD RUMAH SAKIT UMUM DAERAH ULIN BANJARMASIN. JURNAL KEPERAWATAN SUAKA INSAN (JKSI), 2(1), 1-8.
  13. Wollah, M. O., Rompas, S., & Kallo, V. (2017). Hubungan Antara Stres Kerja Perawat dengan Kinerja Perawat di Instalasi Gawat Darurat dan Intensive Care Unit RSU Pancaran Kasih GMIM Manado. Jurnal Keperawatan, 5(2)..
  14. Yulia, A. R. (2017). Pengaruh pekerjaan-keluarga dan dukungan sosial serta kecerdasan emosional terhadap stres kerja dan kinerja perawat wanita di RSD dr. Soebandi Jember. BISMA: Jurnal Bisnis dan Manajemen, 11(1), 76-90.
  15. Zukhra, R. M., & Muryani, M. (2018). HUBUNGAN STRES KERJA DENGAN KINERJA PERAWAT DALAM MELAKSANAKAN PELAYANAN KEPERAWATAN DI RUANG INSTALASI GAWAT DARURAT (IGD) RUMAH SAKIT SYAFIRA PEKANBARU. Al-Asalmiya Nursing: Journal of Nursing Sciences, 7(2), 14-21.