Main Article Content
Abstract
Hipertensi merupakan kondisi yang sering terjadi pada usia lebih dari 30 tahun, dan kejadian ini akan meningkat pada lanjut usia (usia 50 tahun). Salah satu terapi non farmakologi yang berkembang saat ini adalah hipnotherapi. Kombinasi musik instrumental dan self hypnosis merupakan pilihan alternatif untuk mencapai keadaan rileks sehingga akan mengurangi stres dan depresi pada klien hipertensi yang dapat menurunkan tekanan darahnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas kombinasi terapi musik instrumental dan self hypnosis terhadap penurunan tekanan darah klien hipertensi di wilayah kerja Puskesmas Rangas Kabupaten Mamuju. Penelitian ini merupakan penelitian pre eksperiment dengan rancangan one group pretest-posttest. Populasi penelitian adalah pasien hipertensi yang berkunjung ke Puskesmas Rangas Kab. Mamuju. Jumlah sampel 30 orang dengan teknik penarikan sampel menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan perbedaan yang bermakna tekanan darah sistolik sebelum dan sesudah pemberian musik instrumental dan self hypnosis (p=0,0005) dan perbedaan yang bermakna tekanan darah diastolik sebelum dan sesudah pemberian musik instrumental dan self hypnosis (p=0,0005). Kombinasi terapi musik instrumental dan self hypnosis efektif menurunkan tekanan darah klien hipertensi. Peneliti merekomendasikan kepada para praktisi perawat dapat mengaplikasikan terapi ini untuk menurunkan tekanan darah pada klien yang mengalami hipertensi
Keywords
Article Details
Authors who publish their manuscripts in this Journal agree to the following conditions:
- Copyright in each article belongs to author
- The author acknowledges that this journal has the right to publish articles with the copyright holder to author
- It is prohibited by law to copy or duplicate part or all of the contents of articles in this journal in any way and in any form and is prohibited from distributing the articles either electronically or printed without written permission from the Journal of Health, Education adn Literacy