Main Article Content

Abstract

Stunting adalah kondisi di mana panjang atau tinggi badan anak kurang dari standar yang ditetapkan menteri yang bertanggung jawab di bidang kesehatan. Puskesmas Lapadde Kota Parepare yang meliputi Kecamatan Ujung Sabbang, Ujung Bulu, dan Lapadde mendapatkan data kunjungan tahun 2022 dengan total sasaran 674 anak dan yang mengalami stunting sebanyak 204 anak karena distribusi pencegahan masih belum optimal, hal ini menunjukkan bahwa pelaksana harus mengintensifkan penanganan kasus stunting. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana program pencegahan stunting yang akan dilaksanakan di Lapadde Kota Parepare Kecamatan Ujung pada tahun 2023. Teori Soren C. Winter menjadi fokus utama penelitian deskriptif kualitatif ini.Pengumpulan data dilakukan melalui pencatatan, wawancara, dan observasi Puskesmas Lapadde. Penentuan informan menggunakan sistem purposive sampling, berjumlah 6 orang yang terdiri dari 1 informan kunci, 3 informan utama dan 2 informan pendukung. Hasil penelitian implementasi program penanggulangan stunting di Kepala Puskesmas melalui indikator perilaku birokrasi level bawah dalam dimensi diskresi dilakukan agar program pencegahan stunting itu sendiri dapat terus berjalan dan mencapai tujuan sesuai harapan. Oleh karena itu diharapkan kepada Puskesmas Lapadde terus meningkatkan dan memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat khususnya dalam penanggulangan stunting dengan terus memberikan edukasi terkait stunting serta memanfaatkan fasilitas yang telah disediakan dari Puskesmas untuk mengurangi angka stunting yang terjadi di Puskesmas Lapadde khususnya Kota Parepare.

Keywords

Implementasi pencegahan stunting

Article Details

References

  1. Anggreni, D., Lubis, L. A., & Kusmanto, H. (2022). Implementasi program pencegahan stunting di puskesmas Dolok Sigompulon Kabupaten Padang Lawas Utara. 1(2), 91–99.
  2. Bedasari, H., Novita, F., Azmi, Sambuardi, R., & Safitri, P. (2021). Implementasi Kebijakan Cegah Stunting Di Desa Sepedas Kelurahan Pasir Panjang Kabupaten Karimun 1). Jurnal Awam, 1(2), 45–50.
  3. Buletin Stunting 2018. (n.d.). Buletin Stunting 2018.
  4. Hafizh, D. A. (2016). INOVASI PELAYANAN PUBLIK Studi Deskriptif tentang Penerapan Layanan e-Health dalam meningkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Pucangsewu Kota Surabaya. 4.
  5. Muti, F. R., Tiza, A. L., & Bekun, S. (2015). Implementasi Kebijakan Gerakan Pemanfaatan Pekarangan Sebagai Sumber Pangan Dan Gizi Dalam Mengatasi Masalah Stunting Di Desa Hauteas Barat Kecamatan Biboki Utara Kabupaten Timor Tengah Utara. Jurnal Poros Politik, 9–15. http://jurnal.unimor.ac.id/JPP/article/view/2456/847
  6. Putra, A., & Fitri, Y. (2021). STUDI META ANALISIS : EFEKTIFITAS PENCEGAHAN STUNTING MELALUI PROGRAM LITERASI GIZI MENGGUNAKAN PENDEKATAN PENDIDIKAN KELUARGA. 4(1).