Main Article Content

Abstract

Pendahuluan pemerintah telah menetapkan salah satu program, yaitu Jaminan Sosial Tenaga Kerja yang di wadahi oleh BPJS Ketenagakerjaan sebagai bentuk perlindungan dasar bagi tenaga kerja untuk menjaga harkat dan martabatnya sebagai manusia dalam mengatasi risiko yang timbul. program BPJS Ketenagakerjaan yang dinilai memiliki manfaat besar dalam menopang kehidupan tenaga kerja, baik saat ini maupun di masa tua nanti adalah program JHT. pelayanan pengajuan klaim program JHT dapat dilaksanakan melalui online, onsite dan manual dimana pengajuan online dapat dilakukan melalui website lapakasik.bpjsketenagakerjaan .go.id atau melalui aplikasi berbasis mobile yang disebut (JMO). Dengan demikian pada penelitian ini akan dibahas mengenai prosedur pengajuan klaim program JHT melalui JMO, Online, Onsite dan manual. Metode Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar observasi data. Data yang digunakan pada penelitian ini merupakan data sekunder yaitu pengajuan klaim program JHT bulan Januari-Desember Tahun 2022. Data dianalisis berdasarkan hasil dari instrumen penelitian. Hasil dari 22.740 pengajuan klaim program JHT, terdapat 13.924 klaim melalui online, 5.808 klaim melalui aplikasi JMO, 1.568 klaim melalui onsite dan 1.440 klaim melalui manual. Kesimpulan Pelaksanaan prosedur klaim program JHT di BPJS Ketenagakerjaan Cabang Juanda sudah terlaksana dengan baik, dapat dilihat bahwasanya sebagian besar peserta mengajukan klaim melalui online akan tetapi masih terdapat sebagian kecil peserta yang mengajukan klaim program JHT melalui manual dan onsite. Rekomendasi BPJS Ketenagakerjaan perlu mendorong peserta agar mendapatkan sosialisasi khusus secara jelas dan terarah agar peserta terbiasa. Sehingga harapannya peserta dapat melakukan pengajuan pelayanan melalui online tanpa harus datang ke kantor cabang.

Keywords

BPJS Ketenagakerjaan, Klaim, JHT

Article Details

References

  1. Azani, F., Febriyanti, L., Syahdilla, I., & Guring, F. (2022). Analisis Sistem Klaim Jaminan Hari Tua dan Perhitungannya pada BPJS Ketenagakerjaan Cabang Medan Utara. Florona. 1 (2).
  2. Lestari, I., Hirawati, H. (2021). Analisis Sistem Kliam Jaminan Hari Tua (JHT) pada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Cilacap. Jurnal Akuntansi & Bisnis. 7 (2).
  3. Pane, M. (2019). Analisis Sistem Klaim Jaminan Hari Tua dan Perhitungannya pada BPJS Ketenagakerjaan Cabang Medan Utara.
  4. Peraturan Menteri Ketenagakerjaan. (2022). Tata Cara dan Persyaratan Pembayaran Manfaat Jaminan Hari Tua. RI.
  5. Prasetio, Muhammad Daffa (2022) Analisis Prosedur Klaim Jaminan Hari Tua pada BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Bandar Lampung. Skripsi diploma, Politeknik Negeri Lampung.
  6. Rasidin. (2022). Efektivitas Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan pada Masa Pandemi Covid-19 di Medan Kota. Medan Area University.
  7. Samudera, M. F. D., & Pertiwi, V. I. (2022). Inovasi Pelayanan Publik Melalui Jamsostek Mobile (JMO) (Studi Kasus di BPJS Ketenagakerjaan Cabang Rungkut Kota Surabaya). JPAP: Jurnal Penelitian Administrasi Publik , 8 (1).
  8. Wijayanti, P. (2019). Implementasi Kebijakan Manfaat Jaminan Hari Tua di Indonesia. Journal of Public Sector Innovations. 4.