Main Article Content

Abstract

Abstrak


 


Kemudahan akses dalam pelayanan pendaftaran sangat diharapkan oleh setiap pasien, namun yang terjadi pada fasilitas kesehatan adalah sistem pelayanan membuat pasien harus melalui banyak loket sehingga pasien harus mengantri cukup lama dan juga akan menimbulkan ketidakpuasan pasien terhadap pelayanan pendaftaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Sistem Pendaftaran Online terhadap Kepuasan Pasien untuk Meningkatkan Akses Pelayanan di RSUD dr.Soeratno Gemolong. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif survey analitik. Populasi pada penelitian ini adalah pasien di instalasi rawat jalan. Teknik pemilihan responden yang digunakan pada penelitian ini yaitu Accidental Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 39 orang pasien yang mendaftar menggunakan sistem online. Metode pengumpulan data akan dilakukan dengan metode survey dengan menggunakan kuesioner. Hasil penelitian ini menemukan bahwa terdapat hubungan antara sistem pendaftaran online dengan kepuasan pasien dengan p value 0,000. Meskipun dengan adanya pendaftaran online dapat mengurai antrian pendaftaran pasien rawat jalan, namun banyak pasien yang berharap bahwa isi informasi pada sistem dapat lebih diperbanyak, lebih up to date dan pemeliharaan sistem harus senantiasa dilakukan untuk mencegah sistem error yang terkadang masih dialami pasien.


 


Abstract


 


Every patient hopes for easy access to registration services, but what happens in health facilities is that the service system makes patients have to go through many counters so that patients have to queue for quite a long time and this will also lead to patient dissatisfaction with registration services. This research aims to determine the relationship between the online registration system and patient satisfaction to improve access to services at dr.Soeratno Gemolong Regional Hospital. This research is a quantitative analytical survey research. The population in this study were patients in outpatient settings. The respondent selection technique used in this research was Accidental Sampling with a sample size of 39 patients who registered using the online system. The data collection method will be carried out using a survey method using a questionnaire. The results of this study found that there was a correlation between the online registration system and patient satisfaction with a p value of 0.000. Even though online registration can reduce the queue for outpatient registration, many patients hope that the information content in the system can be more extensive, more up to date and that system maintenance must always be carried out to prevent system errors which are sometimes still experienced by patients.

Keywords

Sistem, Pendaftaran, Online, Kepuasan Pasien

Article Details

References

  1. Dewi, U. A., Astuti, R., & Werdani, K. E. (2015). Hubungan Waktu Tunggu Pendaftaran Dengan Kepuasaan Pasien Di Tempat Pendaftaran Pasien Rawat Jalan (TPPRJ) RSUD Sukoharjo (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
  2. Dinata, F. H., Nurmawati, I., & Muflihatin, I. (2020). Evaluasi Sistem Pendaftaran Online dengan Metode Technology Acceptance Model di Rumah Sakit Umum Daerah KRMT Wongsonegoro Kota Semarang. J-REMI: Jurnal Rekam Medik dan Informasi Kesehatan, 1(3), 226-233.
  3. Erlina, N. (2020). Pengukuran tingkat keberhasilan implementasi aplikasi mobile learning diantara pelajar SD sampai dengan SLTA di JABODETABEK (Bachelor's thesis, Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta).
  4. Kalyani, C. V., Arora, G., Chao, H., Kaur, H. D., Kaur, H., Malik, H., & Negi, I. (2021). Challenges in Application of Online Registration System in Health Care in India. Journal of Medical Evidence, 2(3), 209-212.
  5. Kedwan, F. H., & Justinia, T. (2017). Patients online registration system: feasibility and perceptions. Ann Med Health Sci Res, 7(3), 90-5.
  6. Lin, C. F., Fu, Y. C., Lin, L. S., & Fu, C. S. (2022). Minimal human interaction in hospitals: Effective online registration system design. SAGE Open, 12(3), 21582440221122695.
  7. Menkes RI. (2022). Permenkes Nomor HK.01.07/MENKES/1128/2022 Tentang Standar Akreditasi Rumah Sakit. Jakarta.
  8. Nurdiana, F., Kes, N. M., & Mahfiroh, A. P. (2020). HUBUNGAN PENDAFTARAN ONLINE DAN OFFLINE DENGAN KEPUASAN PASIEN. Journal Of Health Care, 1(1).
  9. Pujilestari, A., Kismanto, J., Surya, N. T., Saputri, A., & Nurcahyaningsih, I. (2023). Sosialisasi Implementasi Standar Akreditasi terhadap Patient Experience di RSUD Kabupaten Karanganyar. SENTRA DEDIKASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 85-90.
  10. Pujilestari, A., Kismanto, J., Surya, N. T., Nurcahyaningsih, I., & Tyas, A. K. (2023). Identifikasi Risiko Manajemen di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Soeratno Gemolong Sragen. Journal of Health, Education and Literacy (J-Healt), 6(1), 58-64.
  11. Solihah, A. A., & Budi, S. C. (2018). Keefektifan Sistem Pendaftaran Online Pasien Rawat Jalan Rsup Dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten. Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia, 6(1), 1-6.
  12. Tami, Y., Sumarni, S., & Sarwadhamana, R. J. (2021). Implementasi Pendaftaran online Pasien Rawat Jalan terhadap Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Nur Hidayah Bantul. Indonesian Journal of Hospital Administration, 4(2), 43-51.
  13. Zulfa, Z., & Hasanah, N. (2022). Pengaruh Kualitas Pendaftaran Online (Berbasis Web dan Aplikasi) terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Bukittinggi. 'AFIYAH, 9(2).