Main Article Content

Abstract

Anak sangat rentang terhadap berbagai penyakit yang bisa disebabkan oleh kuman, virus dan migroorganisme lain. Penyakit yang sering terjadi pada anak yaitu penyakit pada saluran pernafasan. Oksigen merupakan kebutuhan dasar manusia yang paling vital. Oksigen dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kelangsungan metabolisme sel sehingga dapat mempertahankan hidup dan aktivitas berbagai sel, jaringan atau organ. Salah satu penyakit yang sering terdapat pada anak adalah Bronchopneumonia. Bronchopneumonia adalah radang paru-paru yang mengenai satu atau beberapa lobus paru-paru yang ditandai dengan adanya bercak-bercak infiltrate yang disebabkan oleh bakteri, virus, jamur dan benda asing. Menggambarkan Asuhan Keperawatan pada pasien An “R” dengan Bronchopneumonia dalam pemenuhan kebutuhan Oksigenasi. Studi kasus ini menggunakan rancangan analisis deskriptif. Dengan pendekatan proses keperawatan. terhadap pasien anak bronchopneumonia dalam pemenuhan kebutuhan oksigenasi. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini menggunakan format pengkajian, format wawancara dan lembar observasi. Setelah dilakukan tindakan keperawatan selama 3x12 jam pada pasien An. R dengan masalah oksigenasi telah teratasi. Berdasarkan dari hasil tindakan yang dilakukan  pada  An.  R  dapat  disimpulkan  bahwa  masalah  bersihan jalan nafas tidak efektif dapat teratasi dengan baik sesuai hasil yang diharapkan.

Keywords

Asuhan Keperawatan Oksigenasi Bronchopneumonia

Article Details

References

  1. Hidayat,A,A.(2012).Buku Pengantar Ilmu KeperawatanAnak.Jakarta:Salemba Medika
  2. Heriana, P.(2014).Buku Ajar Kebutuhan Dasar Manusia . Tanggeran Selatan
  3. BiNAPURA AKSARA.
  4. Kozier,B.ERB.(2011) Buku Ajar Fundamental Keperawatan:Konsep,Proses & Praktik,Ed. 7.Vol.1.
  5. Kaunang, C.T,Runtunuwu, A,L,& Wahani,A. M. I (2016) Gambaran karakteristik pneumonia pada anak yang dirawat diruang perawatan intensif anak RSUP PROF.DR. D. Kandou Manado periode 2014-2016. Diakkes dari http:ejournal.unimus.ac.id.
  6. Nugroho,Y .A,Kristianti ,E (2011) Batuk efektif dalam pengeluaran batuk pada pasien dengan Ketidakefektifan Bersihan Jalan Nafas di instalasi Rehabilitasi medic Rumah Sakit Baptis Kediri.jurnal STIKES RS.Baptis Kediri.Volume 4,No.2. Diakkes dari http:jurnal.unimus.ac.id.
  7. Profil Kesehatan.(2016) Profil Rencana Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan Diakses dari http//www.depkes.go.id
  8. Riyadi, S.,& Sukarmin (2013). Asuhan Keperawatan Pada Anak. Yogyakarta: Graha Ilmu
  9. Saputra,.L. (2013).Catatan Ringkas Kebutuhan Dasar Manusia. Tanggeran Selatan: Binapura Aksara Publisher.