Main Article Content

Abstract

Kepuasan pasien sering dipandang sebagai suatu komponen yang penting dalam suatu pelayanan. Pelayanan yang berkualitas dapat meningkatkan kepercayaan dan kepuasan masyarakat terhadap pemberi pelayanan. Pelayanan Antenatal Care (ANC) merupakan pelayanan yang diberikan pada ibu hamil yang dinilai dengan indikator cakupan K1 dan K4. Di Puskesmas Totoli terjadi penurunan cakupan K1 dan K4 serta pelayanan ANC yang belum maksimal. Penelitian ini mengidentifikasi efek kualitas ANC dengan kepuasan ibu hamil. Jenis penelitian ini adalah analitik observasional, sampel sebanyak 74 orang dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling dan analisis data menggunakan uji chi-square dengan p<0.05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara dimensi keandalan (0.395) dan dimensi empati (0.162) terhadap kepuasan ibu hamil. Sedangkan dimensi ketanggapan (0.046), jaminan (0.041) dan bukti langsung (0.002) terdapat hubungan yang signifikan terhadap kepuasan ibu hamil. Kesimpulan penelitian ini adalah kualitas pelayanan sangat berhubungan erat dengan kepuasan masyarakat sehingga terjadi kunjungan ulang di tempat pelayanan tersebut. Upaya yang dapat dilakukan yaitu petugas mengikuti pelatihan costumer servis dan penguasaan komunikasi yang baik dan prima.

Keywords

Antenatalcare, Kepuasan, Kualitas pelayanan, Ibu Hamil

Article Details

References

  1. 1. Akib, A. T., 2011, Hubungan Dimensi Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD)Tenriawaru Kabupaten Bone. Skripsi, Universitas Hasanudin Makassar.
  2. 2. Departemen Kesehatan RI, 2007, Profil Kesehatan Indonesia, Jakarta : Departemen Kesehatan
  3. 3. Dinkes Kabupaten Majene. (2017). Profil Kesehatan Kabupaten Majene Tahun 2016. Majene: Dinas Kesehatan Kabupaten Majene.
  4. 4. Fury Maharani, Arlina, 2013, Hubungan Tingkat Kualitas Pelayanan Kesehatan Ibu Dan Anak Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di Puskesmas Sukoharjo. Skripsi, Universitas Sebelas Maret Surakarta.
  5. 5. Hamidiyah, Azizatul, 2013, Hubungan Persepsi Pasien Tentang Kualitas Pelayanan Dengan Minat Kunjungan Ulang di Klinik Umum Rumah Sakit Bhineka Bakti Husada Kota Tangerang Selatan Tahun 2013. Skripsi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
  6. 6. Muninjaya, A. A. Gde, 2011, Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan,Jakarta :EGC
  7. 7. Niken Prastiwi, Ellya, Dian Ayubi, 2008, Hubungan Kepuasan Pasien Bayar Dengan Minat Kunjungan Ulang di Puskesmas Wisma Jaya Kota Bekasi Tahun 2007, Makara, Kesehatan, Vol 12, No 1, Juni 2008, hlm.43-45.
  8. 8. Pohan, I. Jaminan Mutu Layanan Kesehatan Dasar-Dasar Pengertian Dan Penerapan. Jakarta : Penerbit Buku Kedokteran ECG; 2007
  9. 9. Safrudin, Ngisom dkk, 2012, Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan UPT Puskesmas Gandrungmangu I Kabupaten Cilacap, Jurnal Ilmiah Kesehatan Keperawatan, Volume 8, No 2, Juni 2012, hal 2.
  10. 10. Trimurthy, Iga, 2008, Analisis Hubungan Persepsi Pasien tentang Mutu Pelayanan dan Minat Pemanfaatan Ulang Pelayanan Rawat Jalan Puskesmas Pandanaran Kota Semarang. Skripsi, Universitas Diponegoro Semarang
  11. 11. Wati, Hardinna Sosila, 2012 Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Daya Makassar tahun 2012. Skripsi, Universitas Hasanudin Makassar.