Main Article Content

Abstract

Tuberkulosis  paru merupakan penyakit menular yang di sebabkan oleh micobakterium tuberkulosis yang dapat menyerang organ tubuh terutama pada paru-paru. Seseorang yang terdiagnosis tb paru berdampak pada efikasi dirinya dalam melakukan tindakan dan kualitas hidup yang berubah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri dengan kualitas hidup pasien tb paru diwilayah kerja puskesmas lembang. Desain Penelitian ini menggunakan observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah penderita TB Paru yang terregister di wilayah kerja puskesmas lembang yang memenuhi criteria inklusi dan eksklusi. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 34 responden dengan tehnik purvosive sampling. Instrument dalam penelitian ini dengan menggunakan kuesioner efikasi diri dan kualitas hidup pasien tb paru. Hasil uji kolmogorov smirnov test menunjukkan ada hubungan antara efikasi diri dengan kualitashidup pasien tb paru.

Keywords

Kualitas Hidup Efikasi Diri TB Paru

Article Details

References

  1. Abrori I, Ahmad RA. Kualitas hidup penderita tuberkulosis resisten obat di kabupaten Banyumas.
  2. Dinas Kesehatan Kabupaten Majene.(2017). Profil Kesehatan Kabupaten Majene tahun 2016.
  3. Ghufron dan Risnawati. (2016). Teori - Teori Psikologi. Jogjakarta : Ar-Ruzz Media
  4. Gurkova, E. (2011).Issue in The Definition of HRQoL. Journal of Nursing, Social
  5. Studies, Publik Health and Rehabilitation (3-4), 190-197.
  6. Hendiani, N., Sakti, H.,& Widiyanti, C. G. (2013). Hubungan Antara Persepsi Dukungan Keluarga Sebagai Pengawas Minum Obat dan Efikasi Diri Penderita TuberkulosisDi BKPM Semarang. Jurnal Psikologi Undip, 12(1), 1-10.
  7. Iatiqomah.(2014). Hubungan Religiusitas dan Sell Efficacy Terhadap Motivasi Berprestasi Pada Mahasiswa Binaan Lembaga Pemasyarakatan Cipinang Jakarta. Jurnal Psikologi
  8. Larasati.(2012). Kualitas Hidup Wanita Menopause.http://www,gunadarma.ac.id/library/articles/…/Artikel.10504128.pdf.
  9. Ratnasari, N.Y.(2012). Hubungan Dukungan Sosial Dengan Kualitas Hidup Pada Penderita Tuberkulosis Di Balai Pengobatan Penyakit Paru (BP4). Yogyakarta. Jurnal Tuberkulosis Indonesia vol 8.
  10. Somantri. 2008. Keperawatan Medikal Bedah : Asuhan Keperawatan Pasien Dengan Gangguan Sistem Pernafasan. Salemba Merdeka. Jakarta.
  11. Sulistyono R E, Sukartini T, Makhfadli, Nursalam, Hidayanati L. Peningkatan Efikasi Diri Masyarakat Dalam Pencegahan Tuberkulosis Berbasis Budaya. 2017