Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan dan mengetahui informasi tentang keefektifan dan kepuasan pengguna sistem E-Learning Universitas Sulawesi Barat di masa pandemi Covid-19. E-Learning UNSULBAR masih memiliki kekurangan, seperti adanya keluhan dari beberapa mahasiswa dan dosen diantaranya masalah akses materi dan aplikasinya di android yang susah, fitur diskusi yang masih membingungkan, dan tidak semua dosen dan mahasiswa menggunakannya. Pengukuran kepuasan dilakukan menggunakan metode End User Computing Satisfaction. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil pengukuran disimpulkan bahwa secara umum pengguna sudah puas terhadap E-Learning UNSULBAR dengan melihat nilai tertinggi dari setiap dimensi, yaitu kategori Puas ada pada dimensi Content sebanyak 171 orang, Accuracy sebanyak 221 orang, Format sebanyak 177 orang, Ease of Use sebanyak 165 orang, dan Timelines sebanyak 161 orang. Dan untuk mengurutkan kategori tingkat kepuasan, diperoleh kategori Sangat Puas ada pada Content sebanyak 80 orang, kategori Puas ada pada Accuracy sebanyak 221 orang, kategori Kurang Puas ada pada Timelines sebanyak 131 orang, kategori Tidak Puas dan Sangat Tidak Puas ada pada Ease of Use sebanyak 32 orang dan 10 orang. Variabel yang dinilai cukup baik oleh pengguna yaitu Accuracy, Format, dan Content, sedangkan Timeliness dan Ease of Use masih perlu dikembangkan.

Keywords

E-Learning Analisis Covid-19 End User Computing Satisfaction

Article Details

Author Biographies

Taswin, Universitas Sulawesi Barat

Program Studi Teknik Informatika

Indra, Universitas Sulawesi Barat

Program Studi Teknik Informatika

Heliawati Hamrul, Universitas Sulawesi Barat

Program Studi Teknik Informatika

How to Cite
Taswin, Indra, & Hamrul, H. (2022). Implementasi Metode End User Computing Satisfaction untuk Mengukur Tingkat Keefektifan dan Kepuasan Pengguna Sistem E-Learning di Masa Pandemi Covid-19. Journal of Computer and Information System ( J-CIS ), 5(1), 13-24. https://doi.org/10.31605/jcis.v5i1.1258