Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan algoritma Apriori dan Moving Average dalam menentukan pola pembelian konsumen pada penjualan Apotek Rahma. Pola pembelian konsumen menjadi informasi yang penting bagi pemilik usaha untuk meningkatkan efisiensi persediaan, memprediksi permintaan, dan merencanakan strategi pemasaran yang lebih efektif. Metode Apriori digunakan untuk mengidentifikasi asosiasi antara item yang dibeli secara bersamaan, sedangkan metode Moving Average digunakan untuk mengidentifikasi tren penjualan dari waktu ke waktu. Penelitian ini menggunakan data penjualan Apotek Rahma selama periode tertentu. Hasil pengujian pada proses perhitungan Apriori untuk melakukan prediksi pola pembelian obat maka diperoleh 5 nilai terbesar aturan asosiasi (association rule) pada kasus penelitian dengan megambil studi kasus penentuan pola pembelian pada Apotek Rahma. Dari 5 data tersebut mendapatkan 3 data dengan nilai Confidance 1, Jika konsumen membeli Acyclovir Krim, maka membeli Ambroxol Tab. Jika konsumen membeli Bodrex Migren, maka membeli Paracetamol. Hasil lainnya yaitu Confidance 0,83 dimana Jika konsumen membeli Sangobion Tablet, maka membeli Sanmol Syr dan terakhir untuk Nilai Confidance 0,75 di dapatkan dari konsumen membeli Andalan Strip Tablet, maka membeli Asam Fenamat.

Keywords

Algoritma Apriori Moving Average Pola pembelian konsumen

Article Details

How to Cite
Husna RS, A., & Ryadussholihin, A. (2023). Implementasi Algoritma Apriori dan Moving Average dalam Menentukan Pola Pembelian Konsumen (Studi Kasus : Penjualan Apotek Rahma) . Journal of Computer and Information System ( J-CIS ), 6(2), 51-60. https://doi.org/10.31605/jcis.v6i2.3620