Main Article Content

Abstract

Tugas utama sebagai seorang dosen adalah mencakup 3 hal yakni melakukan pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat, terkadang akibat adanya tugas  selain pengajaran, dosen  tidak maksimal memberikan perkuliahan di ruang kelas, dan untuk melakukan penjadualan ulang perkuliahan  tidak  mudah karena terbatasnya ruang kelas yang tersedia, Penelitian ini bertujuan mengungkapkan perbedaan hasil belajar Mahasiswa yang diajar dengan metode e-learning berbasis edmodo dengan metode diskusi, Penelitian ini merupakan penelitian Quasi eksperiment mengggunakan  Randomized Solomon Four-Group Design, dengan meneliti empat kelompok mahasiswa yaitu kelas eksperimen yang terdiri dari satu kelompok yang ikut pretest dan satu kelompok tidak ikut pretest dan kelas kontrol  juga terdiri dari dua kelompok satu kelompok ikut pretest dan kelompok satu berikutnya tidak ikut pretest. Kelas eksperimen  diberikan perlakuan dengan menggunakan e-learning berbasis edmodo dan kelompok kontrol diberikan perlakuan menggunakan pembelajaran dengan metode diskusi. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar mahasiswa yang diajar menggunakan metode e-learning berbasis edmodo masuk pada kategori tinggi atau dengan presntase sebesar 57%, terdapat perbedaan rerata nilai hasil belajar antara kelas eksperimen dengan kelas kelas kontrol akan tetapi tidak signifikan.

Keywords

E-learning edmodo sistem informasi

Article Details

How to Cite
Ismail. (2019). Pengaruh E-learning berbasis Edmodo pada Mata Kuliah Pengantar Sistem dan Teknologi Informasi. Journal of Computer and Information System ( J-CIS ), 3(1), 29-36. https://doi.org/10.31605/jcis.v1i2.627