Main Article Content
Abstract
Tugas utama sebagai seorang dosen adalah mencakup 3 hal yakni melakukan pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat, terkadang akibat adanya tugas selain pengajaran, dosen tidak maksimal memberikan perkuliahan di ruang kelas, dan untuk melakukan penjadualan ulang perkuliahan tidak mudah karena terbatasnya ruang kelas yang tersedia, Penelitian ini bertujuan mengungkapkan perbedaan hasil belajar Mahasiswa yang diajar dengan metode e-learning berbasis edmodo dengan metode diskusi, Penelitian ini merupakan penelitian Quasi eksperiment mengggunakan Randomized Solomon Four-Group Design, dengan meneliti empat kelompok mahasiswa yaitu kelas eksperimen yang terdiri dari satu kelompok yang ikut pretest dan satu kelompok tidak ikut pretest dan kelas kontrol juga terdiri dari dua kelompok satu kelompok ikut pretest dan kelompok satu berikutnya tidak ikut pretest. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan menggunakan e-learning berbasis edmodo dan kelompok kontrol diberikan perlakuan menggunakan pembelajaran dengan metode diskusi. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar mahasiswa yang diajar menggunakan metode e-learning berbasis edmodo masuk pada kategori tinggi atau dengan presntase sebesar 57%, terdapat perbedaan rerata nilai hasil belajar antara kelas eksperimen dengan kelas kelas kontrol akan tetapi tidak signifikan.