Indonesia memiliki banyak ciri khas kuliner nusantara yang sedang digalakkan untuk menaikkan citra diri Indonesia di manca negara. Indonesia melakukan hubungan gastrodiplomasi dengan banyak negara di luar, salah satunya Amerika Serikat. Indonesia dan Amerika Serikat telah melakukan hubungan diplomatik sejak 70 tahun lalu. Amerika sebagai salah satu negara yang memiliki super power membuat Indonesia semakin gencar untuk melakukan hubungan diplomatik. Salah satu strategi yang dilakukan Indonesia adalah diaspora restaurant. Diaspora restaurant merupakan bagian dalam gastrodiplomasi Indonesia di Amerika Serikat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi apa yang dilakukan oleh diaspora restoran Indonesia dalam mengembangkan nation branding di Amerika Serikat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang berupa data primer dan sekunder dalam hal ini penulis mengkaji teori kepentingan nation branding melalui gastrodiplomasi. Didapati bahwa gastrodiplomasi yang dilakukan Indonesia melalui diaspora restoran di Amerika Serikat memiliki kontribusi untuk membangun citra diri Bangsa, memperkenalkan wisata Indonesia, menjadi wadah representasi Indonesia di Amerika Serikat, menjadi sarana gastrodiplomasi, dan mempromosikan budaya Indonesia.
Keywords
Amerika Serikat, diaspora, Indonesia, gastrodiplomasi, nation branding
Article Details
How to Cite
Ida Bagus Ngurah, M. (2022). Kontribusi Diaspora Restoran Terhadap Perkembangan Nation Branding Indonesia di Amerika Serikat. Jurnal Ilmu Hubungan Internasional LINO, 2(1), 18-30. https://doi.org/10.31605/lino jurnal.v2i1.1292
Anholt, S. (2017). Kekuatan di Balik Nation Branding.
Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Awang, A. (2014). Gastrodiplomasi dalam Instrument Soft Power Diplomacy.
Baskoro, M. R. (2017). Konseptualisasi dalam Gastrodiplomasi Sebuah Diskusi Kontemporer dalam Hubungan Internasional.
Basnur, A. B. (2017). Pemberdayaan Masyarakat Indonesia di Luar Negeri Untuk Kepentingan Nasional .
Dinnie, K. (2018). Nation Branding, Concepts, Issues, Practice. United Kingdom: Elsevier.
Ghifari, R. (2019). Dinamika Hubungan Indonesia dengan Amerika.
Kanza, T. M. (2016). Gastrodiplomasi sebagai Penunjang Nation Branding.
Kementerian Luar Negeri Indonesia. (2019). Indonesia dan Amerika Serikat Sambut Perayaan 70 Tahun Hubungan Bilateral.
Kementerian Luar Negeri RI. (2019).
Mesakh, V. D. (2018). Dalam presentasi Focus Grup Discussion kerjasama co-branding Wonderful Indonesia dengan pemilik dan chef Diaspora restoran. .
Moleong. (2016). Tentang Penelitian Kualitatif dan Kuantitaif.
Pujayanti, A. (2017). Gastrodiplomasi – Upaya Memperkuat Diplomasi.
Rana, K. S. (2011). 21st Century Diplomacy.
Rockower, P. S. (2013). Mary Jo. A Pham, “Food As Communication: A Case Study Of South Korea Gastrodiplomasi“. Washington D.C: American University.
Romdiati. (2015). Globalisasi Migrasi dan Peran Restoran.
Sapuan. (2018). Diplomasi sebagai Pemerkuat Hubungan Negara.
Setiaji, A. S. (2019). Pendapatan Warga Indonesia lebih tinggi daripada Warga Asli . Diaspora Indonesia.
Shukla, S. (2021). Gastrodiplomasi Penguat Budaya Masa Kini.
Sinulingga, S. (2017). Diplomasi Kebudayaan Indonesia Terhadap Amerika Serikat Melalui Kuliner (Gastrodiplomacy).
Susetyo, R. (2019). Diplomasi dan Kepentingannya.
Varga, S. (2013). The Politics of Nation Branding : Collective identity and public sphere the neoliberal state. .
Wicaksana, P. (2019). Hubungan Bilateral Indonesia-Amerika di Era Globalisasi.
Widhia, A. (2018). Diaspora sebagai Branding Indonesia. Asosiasi Globalisasi.
Wilson, R. (2013). Gastrodiplomacy, the Culinary Nation Brand and the Context of Nation Cuisine in Peru. .
Zhang, J. (2015). The Foods of the Worlds: Mapping and Comparing Contemporary. .
DB Error: Unknown column 'Array' in 'where clause'
Stack Trace:
File: /home/ojs/webapps/app-ojs/classes/article/AuthorDAO.inc.php line 91 Function: DAO->retrieve("SELECT DISTINCT
a.submission_id
FROM authors a
LEFT J...", Array(4))