Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh digital marketing dan online customer review terhadap loyalitas konsumen di Marketplace Shopee dengan fokus pada mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Sulawesi Barat angkatan 2020. Dalam penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan 65 responden . Penelitian ini menguji hubungan antara Digital Marketing dan Online Customer Review terhadap loyalitas konsumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa digital marketing berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen. Online customer review juga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen. Secara simultan, digital marketing dan online customer review berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen. Strategi pemasaran digital yang tepat dipadukan dengan ulasan dari konsumen lain memperkuat ikatan pengguna terhadap Shopee. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan optimalisasi Digital Marketing dan penguatan kehadiran Online Customer Review, maka Shopee akan lebih efektif dalam membangun loyalitas pelanggannya.


Kata Kunci : Loyalitas Konsumen; Markeplace Shopee; Pemasaran Digital; dan Review Pelanggan Online

Keywords

Loyalitas Konsumen Pemasaran Digital Marketplace Shopee Review Pelanggan Online

Article Details

How to Cite
Dian, Sumarsih, Nur Qamariah, Muhammad Shaleh Z, Aiyul Ikhram, & Akbar Azis. (2025). PENGARUH DIGITAL MARKETING DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN MARKETPLACE SHOPEE PADA MAHASISWA MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS SULAWESI BARAT ANGKATAN 2020. Jurnal Manarang Manajemen Dan Bisnis, 3(2), 46-56. https://doi.org/10.31605/jurnal manarang.v3i2.4758