RESPON KONSUMEN PADA E-SERVICE QUALITY ONLINE CUSTOMER REVIEW, DAN E-TRUST TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA APLIKASI SHOPEE

Main Article Content

Ian Febri
Ambar Lukitaningsih
Bernadetta Diansepti Maharani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh E-service Quality, Online Customer Review dan E-trust terhadap keputusan pembelian pada aplikasi shopee. Banyak generasi milenial yang saat ini menggunakan aplikasi e-commerce Shopee. Di Indonesia sendiri, terdapat berbagai macam e-commerc ternama di masyarakat ini seperti , Shopee, Toko Pedia, buka Lapak, Lazada dan yang lainnya. Terkadang kita bingung memilih antara e-commerce tersebut. Karena itulah dalam penelitian ini, peneliti ingin mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi generasi milenial. Peneliti mengerucutkan tiga variabel, kualitas pelayanan elektronik, review konsumen online dan kepercayaan elektronik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dan memilih 100 orang (laki-laki & perempuan, 18-25 tahun, dan menggunakan e-commerce Shopee) sebagai subjek penelitian. Peneliti menggunakan bantuan aplikasi SPSS versi 17.0 untuk menguji hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang paling berpengaruh dalam keputusan pembelian menggunakan aplikasi shopee adalah oleh kualitas pelayanan elektronik, diikuti review konsumen dan kepercayaan.

Article Details