PENGARUH GAYA HIDUP BERBELANJA DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF AVOSKIN DI SHOPEE

Main Article Content

Nadya Alifia Wardah
Harti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengaruh gaya hidup berbelanja terhadap perilaku pembelian impulsif Avoskin di Shopee 2) pengaruh promosi penjualan terhadap perilaku pembelian impulsif Avoskin di Shopee. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Pengambilan sample menggunakan non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Responden termasuk konsumen yang pernah melakukan pembelian impulsif produk Avoskin di Shopee dan mengikuti akun instagram Avoskin. Instrumen yang dgunakan yaitu kuesioner yang disebarkan secara online dengan pengukuran data menggunakan skala Likert. Penelitian ini menggunakan 100 orang sampel berdasarkan rumus Slovin. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis regresi berganda oleh program SPSS 25. Hasil penelitian ini penelitian ini menjelaskan variabel gaya hidup berbelanja berpengaruh secara signifikan terhadap pembelian impulsif Avoskin di Shopee dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Variabel promosi penjualan berpengaruh secara signifikan terhadap pembelian impulsif Avoskin di Shopee dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Sedangkan gaya hidup berbelanja dan promosi penjualan terhadap pembelian impulsif Avoskin di Shopee menunjukkan adanya pengaruh secara simultan dengan nilai determinasi 0,530 atau 53% namun 47% dipengaruhi oleh faktor lainnya. Hal ini menunjukkan bahwa gaya hidup berbelanja dan promosi penjualan memberikan dorongan kepada konsumen untuk melakukan pembelian impulsif pada Avoskin di Shopee.

Article Details