Pengaruh Karakteristik Wirusaha, Pengalaman dan Motivasi Terhadap Keberhasilan Usaha UMKM
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji variabel karakteristik wirausaha, pengalaman dan motivasi terhadap keberhasilan usaha pada UMKM di Desa Timbulharjo. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode simple random sampling dan dilakukan dengan penyebaran kuesioner. Sampel melibatkan sebanyak 87 UMKM di Desa Timbulharjo. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi; (1) instrumen data teks, (2) uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, (3) uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh positif dan signifikan pada variabel karakteristik kewirausahaan terhadap keberhasilan usaha. Sedangkan pada variabel pengalaman dan motivasi terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap keberhasilan usaha.