ANALISIS KUALITAS LAYANAN DAN MOTIVASI TERHADAP KEPUASAN PELAYANAN IBADAH HAJI PEMERINTAH DI SULAWESI BARAT

Main Article Content

nurfitriayu mandasari
magfirah magfirah

Abstract

Penelitian ini bertujuan membantu pembuat keputusan memberikan perhatian terhadap dimensi-dimensi yang berpengaruh secara signifikan terhadap kualitas pelayanan haji Kementerian Agama di Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat. Khususnya pelayanan penyelenggaraan haji yang berorientasi pada kepuasan konsumen, dalam rangka mendorong peningkatan kinerja pemerintah di bidang sosial di Provinsi Sulawesi Barat. Penelitian ini berdasarkan pemikiran bahwa kepuasan konsumen terhadap jasa pemerintah dipengaruhi oleh motivasi dan kualitas pelayanan yang diterima konsumen dan akan berdampak terhadap niat berprilaku konsumen dan tentunya akan berimplikasi pada kepercayaan masyarakat terhadap institusi pemerintah yang bersangkutan.


Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh jamaah haji yang sudah melaksanakan ibadah haji dengan menggunakan jasa penyelenggaraan ibadah haji Kementerian Agama pada Tahun 2014, 2015, 2016di Sulawesi Barat. Karakteristik sampel dalam penelitian ini adalah jamaah haji Sulawesi Barat yang menunaikan ibadah haji dengan menggunakan jasa penyelenggaraan ibadah haji oleh pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama pada Tahun 2014, 2015, 2016. Karena unsur sampel berkarakteristik homogen dan homogenitas tersebut mempunyai arti yang signifikan pada pencapaian tujuan penelitian, maka dalam penelitian ini digunakan  teknik pengambilan sampel  dengan cara acak  (simple random sampling).


Analisis data yang dilakukan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan penelitian dan menguji hipotesis penelitian. Dalam proses pengolahan data, model statistik yang digunakan menganalisis data persepsi adalah regresi berganda (multivariate regression analysis) dengan model-model pengembangan yaitu Structural Equation Modelling (SEM). Proses pengolahan data setelah data terkumpul menggunakan alat bantu software pengolahan data yaitu SPSS.


Hasil penelitian memperlihatkan korelasi antara variabel X1  dan X2 terhadap variabel dependen yaitu kepuasan jamaah haji (Y). Hal ini terlihat dari nilai signifikansi masing-masing variabel , yaitu X1 sebesar 0,000 dan X2 sebesar 0, 000.

Article Details