Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Perusahaan Jasa Pengiriman Sebelum dan Saat Pandemi Covid-19
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kinerja perusahaan jasa pengiriman sebelum dan saat penyebaran wabah Covid-19 dengan menggunakan metode komparatif historis dan metode analisis komparatif relasional. Metode komparatif historis membandingkan data rata-rata Current Ratio (CR), Debt to Equity Ratio (DER), Asset Turn Over (ATO), dan Return on Equity (ROE) sebelum Penyebaran wabah dan saat penyebaran wabah, untuk mengetahui apakah performa financial perusahaan meningkat atau menurun. Sedangkan metode analisis komparatif relasional dengan membandingkan antara rasio kinerja perusahaan tahun 2020 dan rasio standar rata-rata industri untuk mengetahui kinerja perusahaan pada saat Penyebaran wabah apakah berkinerja baik atau buruk. Populasi penelitian adalah 30 perusahaan di Bursa Efek Indone sia pada sektor transportasi dan logistik. Pengambilan sample menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil analisis komparatif historis, tingkat rata-rata rasio likuiditas, dan rasio profitabilitas performa finansial perusahaan jasa pengiriman saat terjadinya Penyebaran wabah Covid-19 tahun 2020 mengalami penurunan dikomparasikan dengan sebelum terjadinya Penyebaran wabah Covid-19 tahun 2018. Sedangkan untuk rasio solvabilitas, dan rasio aktivitas, pada saat Penyebaran wabah Covid-19 Tahun 2020 mengalami peningkatan dikomparasikan sebelum Penyebaran wabah Covid-19 tahun 2018, Kemudian secara komparatif relasional, rata-rata rasio likuiditas, solvabilitas, aktivitas dan profitabilitas perusahaan dikomparasikan dengan standar rasio rata-rata industri tahun 2020 dapat dikatakan kurang efisien (buruk) karena kesemuanya berada dibawah standar rasio rata-rata industri.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
Hantono, S. E. , S. Pd. , M. Si. 2018. Konsep Analisa Laporan Keuangan dengan PendekatanRasio dan SPSS. Yogyakarta: Deepublish.
Irfani, A. S. 2020. Manajemen Keuangan dan Bisnis; Teori dan Aplikasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Kariyoto. 2017. Analisa Laporan Keuangan. Malang: Universitas Brawijaya Press.
Kasmir. 2018. Analisis Laporan Keuangan (Cetakan 11). Depok: Rajawali Pers.
Kristian I & Carunia M.F. 2021. Pengaruh Brand Image, Service Quality, Dan Customer Satisfaction Terhadap Customer Loyalty Sicepat Di Jabodetabek. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, Volume III No. 4/2021 Hal: 1076-1086
Lumenta, M. 2021. Analisis Perbandingan kinerja Keuangan Perusahaan TransportasiSebelum dan Saat Pandemi Covid-19. Jurnal EMBA, 9(3), 341–354.
Pitoyo, M. M., & Lestari, H. S. 2018. Pengaruh Likuiditas Terhadap Profitabilitas Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Manajemen Bisnis, 13(1), 81–106.
Pratama, E. H., Pontoh, W., & Pinatik, S. 2021. Analisis Dampak Covid-19 Terhadap Kinerja Keuangan perusahaan Ritel yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Riset Akuntansi, 16(2), 111–118.
Romadhona, T., & Perdhana, M. S. 2022. Memahami Perilaku Konsumen Muslim Sebelum dan Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(1), 955–967. https://doi.org/https://doi.org/10.31289/jkbm.v7i2.5266.
Sugiono, A., & Untung, E. 2016. Panduan Praktis Dasar Analisa laporan Keuangan. Jakarta: PT Gramedia.
Taufik, & Ayuningtyas, E. A. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Bisnis dan Eksistensi Platform Online. Jurnal Pengembangan Wiraswasta Vol. 22 No. 1, 21-32