Analisis Pengaruh Personal Selling dan Sales Promotion terhadap Keputusan Pembelian Produk Rumah Tangga di PT. Hosana Inti Cabang Makassar

Main Article Content

Andi Putri Tenriyola
Auliyah Nurwafiyyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh personal Selling dan Sales Promition terhadap keputusan pembelian Produk Rumah tangga di PT. Hosana Inti Cabang Makassar. Desain penelitian ini adalah studi kasus untuk menghimpun informasi secara spesifik dan mendalam pada konsumen di PT. Hosana Inti Cabang Makassar dan Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan menggunakan metode analisis linear sederhana. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Pelanggan PT. Hosama Inti Cabang Makassar yang melakukan transaksi produk rumah tangga sejak tahun 2020, dengan jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 98 orang konsumen. Temuan penelitian mengungkapkan dua pendekatan utama dalam memperkuat keputusan pembelian, yaitu aktivitas personal selling dan sales promotion yang memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk rumah tanggan pada PT. Hosana Inti cabang Makassar. Temuan ini menambah pemahaman perusahaan untuk mempertimbangkan peningkatan efektivitas personal selling dan sales promotion guna meningkatkan keputusan pembelian dan, akhirnya, penjualan produk mereka. Kebahruan penelitian ini memperkenalkan perspektif yang baru dan berkontribusi signifikan dalam literatur pemasaran dengan menyediakan data yang relevan dan konteks spesifik yang dapat diaplikasikan dalam situasi bisnis serupa.

Article Details

References

Agustina Shinta, 1994, Manajemen Pemasaran, Universitas Bramawijaya Press (UB Press) Anggota IKAPI No. 017/JII/94, Malang.
Alma, Buchari. 2007, Manajamen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Alfabeta, Bandung
Ernawati, D. (2019). Pengaruh kualitas produk, inovasi produk dan promosi terhadap keputusan pembelian produk Hi Jack sandals Bandung. JWM (Jurnal Wawasan Manajemen), 7(1), 17-32.
Fitriani Solihah, 2021. Pengaruh Personal Selling dan Sales Promotion terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Jamu Herbal Bio7 Di Gerai Bio7 Cabang Cimaung Kabupaten Bandung.
Hastuti, M. A. S. W., & Anasrulloh, M. (2020). Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah Ecobuss, 8(2), 99-102.
Kotler. Philip & Amstrong. Gary. 2012. Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid I, Alih Bahasa Alexander Sindoro dan Benyamin Molan. Jakarta: Penerbit Prenhalindo.
Sudirjo, F., Jauhar, N., Ashari, A., Sari, H., Siagawati, M., & Mas’ud, A. A. & Idrus, I.(2023). Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan: Konsep, Model, dan Implementasi.
Sudirjo, F., Jauhar, N., Nurchayati, N., Ashari, A., Sari, H., Siagawati, M., ... & Idrus, I. (2023). Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan: Konsep, Model, dan Implementasi.
Khusna, G. K., & Oktafani, F. (2017). Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Dunkin'Donuts Bandung. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship, 11(1), 27-36.
Komala, R. D., & Nellyaningsih, N. (2017). Tinjauan Implementasi Personal Selling Pada PT. Astra Internasional Daihatsu Astra Biz Center Bandung Pada Tahun 2017. eProceedings of Applied Science, 3(2).
Kotler. Phillip & Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Penerbit Erlangga. Jakarta
Pramana Andi Akbar, 2018 Pengaruh Personal Selling Dan Sales Promotion Terhadap Niat Beli Pada Produk Peralatan Alat Kantor (Studi Kasus Pada Cv. Tunas Abadi Di Malang). Sarjana tesis, Universitas Brawijaya - Malang
Putri Nazwa, 2023. Pengaruh Personal Selling Terhadap Minat Beli Produk Halal Network International (Studi Kasus Di Business Center Medan 1 Helvetia).
Suyanto, M. 2007. Marketing Strategy Top Brand Indonesia. Andi Offset. Yogyakarta
Sunyoto, D. (2014). Dasar-dasar Manajemen Pemasaran, konsep, strategi, dan kasus.
Wirakanda, G. G., & Pardosi, A. (2020). Pengaruh Sales Promotion terhadap keputusan pembelian (studi kasus di Blibli. com). Pro Mark, 10(1).