Analisis SWOT sebagai Strategi Pengembangan Bisnis dalam Meningkatkan Pendapatan Usaha (Studi Kasus Pada Toko Berlian Kabupaten Majene) Section Articles

Main Article Content

Indayani B
Eni Novitasari
Dea Wicahya Fitri

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada Toko Berlian yang berlokasi di Kota Majene dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan analisis SWOT dalam meningkatkan pendapatan pada Toko Berlian dan mengetahui strategi yang dilakukan oleh Toko Berlian di Kabupaten Majene dalam mempengaruhi pendapatan. Untuk memperoleh informasi tersebut, dilakukan pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara dengan pemilik, karyawan dan pelanggan Toko Berlian. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan mengolah data kualitatif yang diperoleh dari proses wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Analisis SWOT sebagai strategi pengembangan usaha sangat efektif dalam meningkatkan pendapatan usaha di Toko Berlian Kabupaten Majene. Dari penelitian ini, pemahaman yang mendalam mengenai faktor internal seperti kekuatan (seperti kualitas produk dan lokasi yang strategis) dan kelemahan (seperti variasi produk yang terbatas dan kurangnya promosi). Serta, memahami faktor eksternal seperti peluang (peningkatan permintaan pasar dan kemitraan dengan pemasok) dan ancaman (persaingan yang ketat dan kenaikan harga bahan baku).

Article Details

References

Ahmad, Dr. Ir., A. S. (2020). Manajemen Strategis. Makassar: CV. Nas Media Pustaka.
A Muri Yusuf. 2014, Metode Penelitian,Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Edisi ke 1, Jakarta: Kencana.
Hamali, A. Y. (2016). Pemahaman Strategi Bisnis Dan Kewirausahaan. Jakarta: Prenada Media Group.
Hoy Yam, Dr. Jim, S. M. (2020). Manajemen Strategi. Makassar: CV. Nas Media Pustaka.
Kurniawan, Miftakhurrizal, N. H. (2017). Analisis Strategi Pengembangan Usaha Minuman Sari Buah Sirsak. Jurnal Teknologi Dan Manajemen Agroindustri, 6(2), 97-102.
Mamik, 2015., Metodologi Kualitatif. Zifatama Publisher, Cetakan Pertama. Sidoarjo.
Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung Alfabeta.
Tandoko, C. (2015). Strategi Perkembangan Bisnis Pada PT. Grand Prix Indoagung. Jurnal Agora, 3(2), 631-639.