Peningkatan Perofesionalisme Guru: Persfektif Manajemen Sumber Daya Manusia

Main Article Content

Arifhan DJ
Anis Anshari Mas'ud

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mekanisme pengelolaan sumber daya manusia dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi penerapan manajemen sumber daya manusia dalam meningkatkan profesionalisme guru di SMA Negeri 3 Majene. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Informasi yang diolah merupakan hasil wawancara dengan informan yaitu kepala sekolah dan para guru SMA Negeri 3 Majene. Observasi, wawancara dan dokumentasi digunakan sebagai teknik pengumpulan data. Teknik analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa mekanisme SDM pada SMA Negeri 3 Majene telah dilaksanakan dengan baik, terutama mengenai: rekrutmen, pelatihan dan pengembangan personel, evaluasi kinerja dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. metode estimasi model; Pembayaran insentif bagi guru pendidikan luar biasa yang bukan guru PNS. Peningkatan kemampuan profesional guru SMA Negeri 3 Majene telah berjalan dengan baik dalam hal memahami persyaratan profesional, mencapai kualifikasi dan keterampilan, membangun hubungan sejawat yang baik dan luas melalui organisasi profesi, mengembangkan etos kerja dan memperkenalkan inovasi fungsional dalam bidang komunikasi dan teknologi informasi.

Article Details

References

Ahmad, K. (2022). Respon Masyarakat Terhadap Perilaku Aparat Pemerintah Dalam Memberikan Pelayanan. YUME: Journal of Management, 5(3), 190–197.
Ahmad, K., & Parawansa, D. A. S. (2019). Pengaruh Role Ambiguity, Role Conflict Dan Role Overload Terhadap Kinerja Pegawai Dimediasi Perilaku Cyberloafing Pada Biro Akademik Dan Umum Universitas Sulawesi Barat. Hasanuddin Journal of Business Strategy (HJBS), 1(1).
Amstrong, M. (2006). performance management: Key Strategic and Practical Guidelines. 3rd Edition. Kogan page; London.
Bambang, W. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Sulita.
Barthos, B. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia: Suatu Pendekatan Makro. Jakarta: Bumi Aksara.
Dessler, G. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Salemba Empat.
Drucker., P. F. (2006). The Practice of Management. Published October 3rd. HarperBusiness.
Hasibuan, M. S. P. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi Jakarta: Bumi Aksara.
Mangkunegara, A. A. P. (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. PT. Remaja Rosdakarya; Bandung.
Mas’ud, A. A., & DJ, A. A. (2023). The Role of Human Resource Management in Enhancing the Professionalism of Educators. MANDAR: Management Development and Applied Research Journal, 6(1), 49-56.
Mas' ud, A. A., & Tenriyola, A. P. (2023). HR Competency Analysis on Increasing MSMEs Performance In Supporting Industrial Era 4.0. Jambura Science of Management, 5(2), 86-96.
Mondy, R. W. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia. Penerbit Erlangga.
Muhson, A. (2012). Meningkatkan Profesionalisme Guru: Sebuah Harapan. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 1(2). https://doi.org/10.21831/jep.v1i2.665
Oemar, U., & Gangga, L. (2017). PENGARUH STRES KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA DINAS PENDAPATAN, KEUANGAN DAN ASET DAERAH KABUPATEN MUSI MANYUASIN. Jurnal Ecoment Global, 2(2). https://doi.org/10.35908/jeg.v2i2.249
Osibanjo. (2012). Human Resource Management: Theory and Practice. Pumark Nigeria Limited (Educational Publisher) (Online).
Undang-Undang nomor 14 pasal 10, ayat 1, Pub. L. No. Undang-Undang Tentang Guru Dan Dosen (2005).
Sadili, S. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Pustaka Seti.
Schermerhorn, J. R. (2011). Management. New York.
Setiawan, T. H. (2018). Pengaruh Role Conflict, Role Ambiguity, Role Overload Terhadap Kinerja Akuntan Publik Dengan Kecerdasan Spiritual Sebagai Pemoderasi. SKRIPSI. Jakarta: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Islam Negri Syarif Hidayatullah.
Sinambela, L. P. (2012). Kinerja Pegawai: Teori, Pengukuran Dan Implikasinya. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Supriadi. (2009). Pengembangan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar. Jurnal Tabularasa PPs Unimed. 6, (!), 28.
Suprihatiningrum, J. (2013). Guru Profesional: Pedoman Kinerja, Kualifikasi Dan Kompetensi Guru. Cet, I; Yogyakarta: Ar Ruzz Media.
Tulus, A. (1992). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka.
Ulfiatin, N .Triwijayanto, T. (2016). Manajemen Sumber Daya Manausia Bidang Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Prasada.
Wibowo, A. (2013). Manajemen Pendidikan Karakter Disekolah. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Yamin, M. dan M. (2010). Standarisasi Kinerja Guru. Jakarta: Persada Press.