Implementasi Metode SOSTAC Pada Strategi Digital Marketing (UMKM Coklat VIP Pontianak)
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendesain model metode SOSTAC dan implementasinya dalam mempromosikan bisnis melalui digital marketing di UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) Coklat VIP sehingga dapat memperluas pemasaran dan meningkatkan profitabilitas. Konsep dalam penelitian ini adalah metode SOSTAC. Dalam metode SOSTAC terdapat 6 siklus yaitu Situation analysis, Objectives, Strategy, Tactics, Actions, Control. Pada penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian yang meliputi teknik pengamatan (observasi), teknik wawancara (interview), dokumentasi, dan studi pustaka. Dari hasil tes yang telah dilakukan pada penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa dengan biaya yang dikeluarkan untuk melakukan kampanye di facebook dan Instagram yang ekonomis sebesar Rp. 3.600.000, dalam periode 3 bulan dapat menghasilkan profit pertumbuhan jangkauan pada sosial media UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) Coklat VIP sehingga pemasaran menjadi lebih luas dan meningkatnya profitabilitas dengan jangkauan postingan total pada Facebook sebesar 214.635 orang dan jangkauan postingan total pada Instagram sebesar 582.301 orang. Pada interaksi postingan total pada Facebook sebesar 1.362 orang dan interaksi postingan total pada Instagram sebesar 2.615 orang. Serta pengikut halaman total pada Facebook sebesar 20 orang dan pengikut halaman total pada Instagram sebesar 705 orang
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
Arifianti. (2019). Pendekatan Model Public Relation PR Smith’s SOSTAC Untuk Menganalisis Sistem Perencanaan Digital Marketing PT Valbury Asia Futures. Jurnal Komunikasi, 10(2), 132–138.
Chaffey, D., & Smith, P. (2017). eMarketing eXcellence: Planning and Optimizing your digital marketing (5th ed.). Routledge.
Ermayda, R. Z., Nanda, H. I., & Narullia, D. (2019). Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Produk PKK. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 3(2), 80–84. https://doi.org/https://doi.org/10.37859/jpumri.v3i2.1506
Hendro. (2024). Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Menangani Komplain Konsumen Produk Jam Tangan/Arloji Melalui Media Sosial (Studi PT Optima Technology Indonesia Pada Tiktok). Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 101 – 114.
Khayrani, Adrian, F., & Hasrul. (2022). Analisis Strategi Digital Marketing Dengan Metode Sostac Pada Sepatu Pollenzo. Jurnal Online Mahasiswa, 8(1), 1–21.
Mas' ud, A. A., & Tenriyola, A. P. (2023). HR Competency Analysis on Increasing MSMEs Performance In Supporting Industrial Era 4.0. Jambura Science of Management, 5(2), 86-96.
Maulana, A. E. (2009). Consumer Insights Via Ethnography. Erlangga.
Oktaviani, F., & Rustandi, D. (2018). Implementasi Digital Marketing dalam Membangun Brand Awareness. PRofesi Humas, 3(1), 1–20.
Pranata, Y. A., & Amaranti, R. (2021). Rancangan Strategi Pemasaran Media Sosial Menggunakan Model SOSTAC. Journal Riset Teknik Industri, 1(2), 110–120.
Prianti, D. O. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Event Kickfest (Studi Pada PT Dyandra Promosindo Surabaya). Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.
Priatama, R., Hilal Ramadhan, I., Zuhaida, A.-, Akalili, A., & Kulau, F. (2021). ANALISIS TEKNIK DIGITAL MARKETING PADA APLIKASI TIKTOK (Studi Kasus Akun TikTok @jogjafoodhunterofficial). SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 18(1), 49–60. https://doi.org/10.21831/socia.v18i1.40467
Putra, E. P. (2021). Pengaruh system pemasaran digital marketing terhadap peningkatan volume penjualan industry rumahan menggunakan WebQual. Universitas 17 Agustus Surabaya.
Safanta, A., Shihab, M. R., Budi, N. F. A., Hastiadi, F. F., & Budi, I. (2019). Digital Marketing Strategy For Laboratories Marketplace. Journal of Physics: Conference Series, 1196(1).
Sahartian, O., Wardhanie, A. P., & Wulandari, S. H. E. (2022). Strategi Digital Marketing Instagram Menggunakan Framework Sostac Guna Meningkatkan Omzet Consumer Goods Madu. Jurnal Sistem Informasi, 9(2), 141-149.
Wati, A. P., Martha, J. A., & Indrawati, A. (2020). Digital Marketing. Edulitera.
We Are Social. (2024). DIGITAL 2024: INDONESIA. Https://Datareportal.Com/Reports/Digital-2024-Indonesia.