Kompetensi Digital dan Fasilitas Berbasis Digital Pengaruhnya Terhadap Kinerja Sumber Daya Manusia: Studi Pada Organisasi Publik

Main Article Content

Muhammad Ashdaq
Asa Afiif Bahri
Ilhamsah Kasim
Nur Fitriayu Mandasari

Abstract

Saat ini keseharian masyarakat telah sangat terintegrasi dengan teknologi digital menciptakan tuntutan yang tinggi atas pelayanan public yang berkualitas, mudah dan cepat. Salah satu cara yang dilakukan organisasi public untuk menjawab ekspektasi masyarakat ini diantaranya dengan penyesuaian kapabilitas Sumber Daya Manusia nya. Penelitian ini dilakukan untuk menginvestigasi hubungan kompetensi digital dan fasilitas digital terhadap kinerja Sumber Daya Manusia pada Bidang Penyelanggaraan Haji dan Umrah, Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan. Konstruk penelitian disusun berdasarkan telaah penelitian terdahulu dengan metode analisis data kuantitatif statistik regresi linear pada sample jenuh. Instrument penelitian menggunakan kuisioner dengan skala pengukuran likert satu yang menunjukkan ketidak setujuan hingga lima yang menunjukkan persetujuan terhadap item pernyataan. Sample penelitian sejumlah 40 orang Sumber Daya Manusia, dimana data diolah menggunakan bantuan program Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) pada versi 26. Penelitian ini memperlihatkan kompetensi digital dan fasilitas digital secara parsial dan simultan memiliki signifikansi pengaruh yang tinggi terhadap kinerja Sumber Daya Manusia. Faktor-faktor pembangun variabel penelitian dapat menjadi perhatian penentu kebijakan pada organisasi ini dalam penyusunan program peningkatan kompetensi digital serta penyediaan fasilitas digital untuk meningkatkan kinerja Sumber Daya Manusia pada organisasi. Implikasi penelitian diantaranya pengadaan pelatihan penggunaan platform artificial intelligence dalam menunjang produktivitas kerja, serta pemenuhan fasilitas hardware, jaringan, dan software/platform terintegrasi pada berbagai fungsi yang ada di unit kerja objek penelitian

Article Details

How to Cite
Ashdaq, M., Bahri, A. A., Kasim, I., & Mandasari, N. F. (2024). Kompetensi Digital dan Fasilitas Berbasis Digital Pengaruhnya Terhadap Kinerja Sumber Daya Manusia: Studi Pada Organisasi Publik. MANDAR: Management Development and Applied Research Journal, 7(1), 77-86. https://doi.org/10.31605/mandar.v7i1.4344

References

Aris, V., Alam, S., Ashdaq, M., Taufik, M., & Jamil, M. (2023). Pelatihan Perancangan Website Profil Kelurahan Bontonompo. ABDIKAN: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sains Dan Teknologi, 2(3), 393–399.

Aris, V., Ashdaq, M., & Taufik, M. (2024). Data Mining and Social Media Analysis to Identify Key Dimension of Service Quality for BTN Mobile App in Indonesia. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Digital, 3(1), 143–154.

Ashdaq, M., Aris, V., Taufik, M., & Mandasari, N. F. (2023). PERAN KUALITAS PELAYANAN BERBASIS DIGITAL DALAM MENDUKUNG KEPERCAYAAN PENUMPANG MASKAPAI BERBIAYA RENDAH MASA KENORMALAN BARU DI INDONESIA. JBMI (Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Informatika), 19(3), 176–192.

Ashdaq, M., & Mandasari, N. F. (2022). PENGARUH KOMPETENSI DIGITAL DAN PENEMPATAN KERJA TERHADAP EFEKTIVITAS KERJA SUMBER DAYA MANUSIA PADA INSTITUSI PUBLIK. MANDAR: Management Development and Applied Research Journal, 5(2022), 131–138.

Asri Choirinisa, A., & Ikhwan, K. (2022). PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI DIGITAL TERHADAP EFEKTIVITAS KERJA PEGAWAI. Transekonomika. https://transpublika.co.id/ojs/index.php/Transekonomika

Bibi, M. (2019). Impact of talent management practices on employee performance: an empirical study among healthcare employees. SEISENSE Journal of Management, 2(1), 22–32.

Cahyarini, F. D. (2021). Implementasi Digital Leadership dalam Pengembangan Kompetensi Digital pada Pelayanan Publik. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 25(1), 47. https://doi.org/10.31445/jskm.2021.3780

Choirinisa, A. A., & Ikhwan, K. (2022). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Digital Terhadap Efektivitas Kerja Pegawai. Transekonomika: Akuntansi, Bisnis Dan Keuangan, 2(5), 483–492.

Elisnawati, E., Mas’ud, M., & Selong, A. (2023). Pengaruh Kompetensi Digital, Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Bpsdm) Provinsi Sulawesi Selatan. Journal on Education, 5(3), 8308–8323.

Hanita, M. (2023). Kepemimpinan Strategis Untuk Ketahanan Wilayah Di Era Digital (Studi di Kota Pariaman, Provinsi Sumatera Barat). Jurnal Ketahanan Nasional, 29(2), 199–219.

Jarad, G. A., & Shaalan, M. A. (2020). Assessment of Digital Competence of Employees and Teaching Staff at The Technical College of Management Kufa. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 12(12), 1027–1043.

Juniarti, A. T., Setia, B. I., & Fahmi, H. N. (2021). Lingkungan Organisasi Dan Etos Kerja Dalam MSDM. Penerbit Cv. Pena Persada.

Larasshati, K., & Priyastiwi, P. (2024). PENGARUH KOMPETENSI DIGITAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Indonesia, 4(2), 514–527.

Mandasari, N. F., Hasanuddin, R., & Ashdaq, M. (2023). Dampak Citra Terhadap Loyalitas Perguruan Tinggi: Peran Social Media Engagement Mahasiswa & Alumni. Jurnal Ekobistek, 12(3), 700–705.

Marguna, A. M. (2020). Pengaruh kompetensi digital (e-skills) terhadap kinerja pustakawan di UPT Perpustakaan Universitas Hasanuddin. Jupiter, 17(2), 104–117.

Nur, T., Politeknik, R., Yogyakarta, A., & Artikel, I. (2020). KINERJA SUMBER DAYA MANUSIA DIMASA NEW NORMAL BERBASIS KOMPETENSI DIGITAL. Journal of Management & Business, 3(1), 70.

Saputra, N., Nasip, I., & Sudiana, K. (2021). The effect of availability digital facility at home on work productivity. 2021 International Conference on Information Management and Technology (ICIMTech), 1, 783–788.

Shidqi, M. F., Darmastuti, I., & Wicaksono, B. S. (2023). Pengaruh Digitalisasi Sistem Perusahaan Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Kepuasan Kerja Sebagau Variabel Intervening (Studi Pada Pt. Bank Negara Indonesia Kantor Wilayah Semarang). Diponegoro Journal of Management, 12(1).

Suartini, N. K. (2023). Optimalisasi Manajemen Sumber Daya Manusia Pada Pegawai Negeri Sipil: Praktik Terbaik Dan Tantangan. Ganaya: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 6(4), 809–819.

Yandi, A., Ismiasih, I., & Trimerani, R. (2023). indikator fasilitas kerja dan kinerja karyawan di pt. karya makmur langgeng kalimantan baraT. Jurnal Imiah Management Agribisnis (Jimanggis), 4(1), 31–42.

Zati, M. R. (2024). Kompetensi Sumber Daya Manusia di Era Digital. ORIENTASI BARU, 47.