Analisis Strategi Marketing dan Penggunaan Platform Fintech untuk Layanan Esport

Main Article Content

Rizki Gunawan
Nuri Cahyono

Abstract

Industri e-sport telah menciptakan lapangan kerja baru dan peluang bisnis yang beragam, dari pengembangan game hingga pemasaran digital. PT Mabarin Kreasi Digital adalah platform terkemuka dalam penyediaan layanan pembayaran dan voucher e-sport di Indonesia, yang dikenal karena keamanan, kehandalan, dan kemudahan akses. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas strategi marketing pada layanan eSports payment PT Mabarin Kreasi Digital. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Jenis data berupa catatan transaksi perusahaan dari tahun 2023 sampai dengan tahun 2024. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, pengamatan (observasi), dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Berdasarkan hasil pengamatan PT Mabarin Kreasi Digital belum menggunakan Tool optimasi social media. Dari transaksi penggunaan kupon terlihat bahwa PT Mabarin Kreasi Digital belum memanfaatkan Google Ads dalam strategi marketingnya. Strategi marketing menggunakan Google Ads dapat memperluas cakupan promosi dengan strategi iklan yang lebih terarah dan efektif. Dari banyaknya metode pembayaran yang digunakan dalam transaksi di PT Mabarin Kreasi Digital QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) merupakan metode pembayaran yang paling dominan, dengan total 23.504 transaksi. Strategi pemasaran yang paling memberikan dampak bagi transaksi yang terjadi di PT Mabarin Kreasi Digital adalah promosi produk melalui Influencer via YouTube. Dengan menggabungkan pendekatan strategi pemasaran dan inovasi teknologi finansial, penelitian ini memberikan dasar teoritis yang kuat untuk memahami bagaimana sinergi antara kedua elemen tersebut dapat menciptakan nilai tambah dalam ekosistem esport

Article Details

How to Cite
Gunawan, R., & Cahyono, N. (2024). Analisis Strategi Marketing dan Penggunaan Platform Fintech untuk Layanan Esport. MANDAR: Management Development and Applied Research Journal, 7(1), 1-14. https://doi.org/10.31605/mandar.v7i1.4377

References

Aldboush, H. H. H., & Ferdous, M. (2023). Building Trust in Fintech: An Analysis of Ethical and Privacy Considerations in the Intersection of Big Data, AI, and Customer Trust. International Journal of Financial Studies, 11(3). https://doi.org/10.3390/ijfs11030090

Anonim. (2024). Panduan & Cara Membuild Karakter Calcharo Agar Lebih Maksimal ! PT Mabarin Kreasi Digital. https://mabarin.com/blog/panduan-cara-membuild-karakter-calcharo-agar-lebih- maksimal

Cahyono, N. (2019). Perancangan Dan Implementasi Tool Optimasi Social Media. Prosiding Seminar Hasil Pengabdian …, November, 277–282. https://ojs.amikom.ac.id/index.php/semhasabdimas/article/view/2470%0Ahttps://ojs.amikom.ac.id/index.php/semhasabdimas/article/view/2470/2288

Cahyono, N. (2022). Pendampingan Optimalisasi Digital Marketing Memanfaatkan Social Media. JILPI : Jurnal Ilmiah Pengabdian Dan Inovasi, 1(2), 315–322. https://doi.org/10.57248/jilpi.v1i2.33

Cahyono, N. (2024). Peningkatan Digital Marketing dengan Memanfaatkan SEO dan Google Ads. RESPINARIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 27–32.

Dewi, L. G. K., & Latrini, M. Y. (2023). Apakah Gender Masih Berfungsi Sebagai Pemoderasi Pada Fintech Payment Dalam Masa Pandemi Covid-19? E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 12(11), 2110. https://doi.org/10.24843/eeb.2023.v12.i11.p01

Dirgantara, H. B., Lesmana Marselino, T., & Ery Kurniawati, Y. (2023). Kajian Literatur Kurikulum E-sport dan Perkembangan Industri Game. KALBISCIENTIA Jurnal Sains Dan Teknologi, 10(1), 7–13. https://doi.org/10.53008/kalbiscientia.v10i1.1799

Hermanto, R. (2020). Strategi Pemasaran Terkini : Meningkatkan Brand Awareness dan Mengoptimalkan Penjualan. In Energy for Sustainable Development: Demand, Supply, Conversion and Management (pp. 1–14). https://doi.org/10.31219/osf.io/2sqfv

Hwang, Y., & Kim, D. J. (2007). Customer self-service systems: The effects of perceived Web quality with service contents on enjoyment, anxiety, and e-trust. Decision Support Systems, 43(3), 746– 760. https://doi.org/10.1016/j.dss.2006.12.008

Ismail, A. R. N., Noviartati, K., Syahril, & Fikri, A. R. (2021). Investasi Digital Sebagai Solusi Mengurangi Perilaku Konsumtif Milenial Masa Pandemi Covid-19. CAPITAL: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 4(2), 125. https://doi.org/10.25273/capital.v4i2.8742

Judijanto, L., Destiana, R., Sudarmanto, E., Suprapti, I. A. P., & Harsono, I. (2024). Analisis Pengaruh Adopsi Teknologi Finansial, Kepercayaan Nasabah, dan Regulasi Terhadap Penggunaan Layanan Keuangan Digital. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan West Science, 3(01), 20–28. https://doi.org/10.58812/jakws.v3i01.906.

Leon, M., Hinojosa-Ramos, M. V., León-Lopez, A., Belli, S., López-Raventós, C., & Florez, H. (2022). eSports Events Trend: A Promising Opportunity for Tourism Offerings. Sustainability (Switzerland), 14(21), 13803. https://doi.org/10.3390/su142113803

Marginingsih, R. (2021). Financial Technology (Fintech) Dalam Inklusi Keuangan Nasional di Masa Pandemi Covid-19. Moneter - Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 8(1), 56–64. https://doi.org/10.31294/moneter.v8i1.9903

Munawar, A. H., Rosyadi, A., & Rahmani, D. A. (2022). Financial technology (fintech) dalam inklusi keuangan umkm kota Banjar di masa pandemi covid-19. Inovasi, 18(1), 39–49. https://doi.org/10.30872/jinv.v18i1.10454

Nangin, M. A., Barus, I. R. G., & Wahyoedi, S. (2020). The Effects of Perceived Ease of Use, Security, and Promotion on Trust and Its Implications on Fintech Adoption. Journal of Consumer Sciences, 5(2), 124–138. https://doi.org/10.2991/978-94-6463-402-0_12

Nopiah, R., Ekaputri, R. A., Armelly, A., & Anggraini, E. D. (2024). Financial Technology and Poverty Alleviation in Indonesia During the COVID-19 : Impact Evaluation Analysis. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 12(1). https://doi.org/10.37676/ekombis.v12i1.4865

Oktavianty, O., & Agit, A. (2023). Penerapan Penggunaan E-Payment Sebagai Upaya Peningkatan Adaptabilitas UMKM Terhadap Transformasi Digital. Dedikasi Pkm, 4(2), 232. https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v4i2.30103

Putu, A. N. K. S. & M. L. (2020). Penerapan Corporate Social Responsibility (CSR) dan Manfaatnya Bagi Perusahaan Ni Ketut Sri Ardani (1) Luh Putu Mahyuni (2). Jurnal Manajemen Bisnis, 17(1), 12–23.

Rizal, M., Putra, D. P., & Rakhmawati, S. (2022). Growth of Digital Wallet Applications Among Young Consumers in Indonesia. Journal of Business and Management Research, 10(2), 112–125.

Rusdi, M. (2019). Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Volume Penjualan pada Perusahaan Genting UD. Berkah Jaya. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 6(2), 83–88. https://doi.org/10.21107/jsmb.v6i2.6686

Schilirò, D. (2021). Fintech in Dubai: Development and Ecosystem. International Business Research, 14(11), 61. https://doi.org/10.5539/ibr.v14n11p61

Setiawan, R. (2023). Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan E-Wallet Menggunakan Metode Profile Matching. JEECOM Journal of Electrical Engineering and Computer, 5(1), 31–35. https://doi.org/10.33650/jeecom.v5i1.5801

Sitompul, E., & Santoso, S. (2021). Analisis Penggunaan Fasilitas Tarik Tunai Saldo Gopay Melalui Atm Xxx Dengan Mekanisme Tarik Tunai Tanpa Kartu Di Jakarta. Distribusi - Journal of Management and Business, 9(2), 221–236. https://doi.org/10.29303/distribusi.v9i2.171

Suyanto, A., Santoso, H. B., & Prasetyo, A. (2021). The Impact of QRIS on Digital Payment Adoption in Indonesia. International Journal of Economics and Finance Studies, 13(1), 45–60.

Syafrida, I., & Indrawati, S. A. (2024). Pengaruh Kualitas Layanan dan Penanganan Keluhan Terhadap Loyalitas Pengguna Dengan Kepuasan Pengguna Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Aplikasi Bibit Investasi Reksa Dana Syariah)). Account, 11(1). https://doi.org/10.32722/account.v11i1.6734

Tsany, A. R., & Wikartika, I. (2024). Pengimplementasian Strategi Seo Dan Pengindeksan Umkm Toko Sandang Soen Fashion. Jurnal Dharma Bhakti Ekuitas, 8(2), 81–94. https://doi.org/10.52250/p3m.v8i2.748

Winarto, W. W. A. (2020). Peran Fintech dalam Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 3(1), 61–73. https://doi.org/10.36778/jesya.v3i1.132