Keputusan Pembelian ditinjau dari E-Service Quality, Online Customer Rating, dan Online Customer Review pada Marketplace Shopee
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan mengetahui pengaruh E-Service Quality, Online Customer Rating dan Online Customer Review terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang menggabungkan pendekatan deskriptif dan verifikatif serta menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan datanya. Demografi penelitian ini menggunakan 100 konsumen sebagai sampel, mewakili target demografi pengguna Marketplace Shopee yang diperkirakan mencapai kurang lebih 100.000.000 orang dalam rentan waktu 2024. Temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa Keputusan Pembelian dan E-Service Quality pada Marketplace Shopee dinilai baik oleh responden, menunjukkan persepsi positif. Online Customer Rating dan Online Customer Review dinilai sangat baik Temuan penelitian ini mengungkapkan tiga pendekatan utama dalam memperkuat keputusan pembelian, yaitu E-Service Quality, Online Customer Rating dan Online Customer Review yang memliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada Marketplace Shopee. Temuan ini menambahkan pemahaman bagi pelaku industri Marketplace Shopee untuk mengoptimalisasi E-Service Quality, mengembangkan mekanisme rating komprehensif, dan mendorong review berkualitas. Penelitian lanjutan disarankan untuk memperluas konstruk dengan mengeksplorasi variabel kontekstual tambahan seperti kepercayaan, persepsi risiko, dan variabel emerging lainnya dalam dinamika keputusan pembelian digital
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
Ardianti, A. N. (2019). Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian melalui Marketplace Shopee. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 8(2).
Auliya, Z. F., Umam, M. R. K., & Prastiwi, S. K. (2017). Online Costumer Reviews (OTRs) dan Rating: Kekuatan Baru pada Pemasaran Online di Indonesia. EBBANK, 8(1), 89–98.
Barker, M. S., Barker, D. I., Bormann, N. F., & Neher, K. E. (2017). Social Media Marketing: A Strategic Approach. Cengage Learning.
Febri, I., Lukitaningsih, A., & Diansepti Maharani, B. (2021). Respon Konsumen Pada E-Service Quality Online Customer Review, Dan E-Trust Terhadap Keputusan Pembelian Pada Aplikasi Shopee. MANDAR: Management Development and Applied Research Journal, 4(1).
Ghoni, M. A., & Soliha, E. (2022). Pengaruh Brand Image, Online Customer Review dan Promotion Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee. Jurnal Mirai Management, 7(2), 14–22.
Latief, F., & Ayustira, N. (2020). Pengaruh Online Costumer Review Dan Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Di Sociolla. Jurnal Mirai Management, 6(1), 2597–4084. https://journal.stieamkop.ac.id/index.php/miraipg.139
Mulyono, H. (2021). Online Customer Review and Online Customer Rating on Purchase Intention in Online Shop. International Journal of Research and Review (ijrrjournal.com), 8, 1.
Oktaviana, P. M., Sarah, S., & Wijaya, F. (2024). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk UMKM Basreng Sultan Bandung. Jurnal Ilmu Sosial, Manajemen, Akuntansi, & Bisnis, 5(1), 126–142.
Putri, N., & Hadi, D. E. (2024). Pengaruh Online Customer Review dan Rating Terhadap Keputusan Pembelian pada E-commerce Shopee dengan Kepercayaan sebagai Mediasi dan Emotional Sebagai Moderasi. Student Journal of Business and Management, 7(2).
Reddy, C. S., & Basava Aradhya S, D. G. (2017). Impact of Online Consumer Reviews on Consumer Purchase Decision in Bangalore. IJAPRR International Peer Reviewed Refereed Journal, IV(3), 1–07. www.ijaprr.com
Simamora, V., & Maryana, D. (2023). Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Pada Aplikasi Tokopedia Dimoderasi Oleh Kualitas Produk. Cakrawala Repositori IMWI, 6(1), 666–680. https://doi.org/10.52851/cakrawala.v6i1.189
Sutisna, Mochamad Saefullah, & Juwita. (2023). Service Quality and Trust as Predictors of Online Purchasing Decisions Mediated by Perceived Risk. Journal of Consumer Sciences, 8(2), 187–203. https://doi.org/10.29244/jcs.8.2.187-203
Tampubolon, E. P., Dewi, R. S., & Wijayanto, A. (2024). Pengaruh E-Service Quality, Online Customer Review Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Pada Marketplace Lazada Di Kota Semarang. Dalam Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis (Vol. 13, Nomor 1). https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab
Tjiptono, F. (2014). Manajemen Pemasaran Jasa. Andi Offset.
Zeithaml, V. A., Bitner, M. J., & Gremler, D. D. (2018). Services Marketing: Integrating Customer Focus Across the Firm (7th ed). McGraw-Hill Education.